Mengenal Biji Kopi Geisha yang Bisa terjual Hingga Rp.96 Juta

Kopi Geisha menjadi salah satu kopi paling eksklusif di dunia. Harganya pun bisa sangat mahal. Lantas apa yang membuatnya spesial? Ini 5 faktanya! Ada beragam jenis kopi yang bisa dengan mudah ditemukan saat ini. Biji kopi punya keunikan dan ciri khasnya tersendiri, tak terkecuali kopi geisha yang disebut-sebut punya harga sangat mahal.

Mengenal Biji Kopi Geisha yang Bisa terjual Hingga Rp.96 Juta
Biji Kopi Geisha(Foto : Getty Images)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Kopi Geisha menjadi salah satu kopi paling eksklusif di dunia. Harganya pun bisa sangat mahal. Lantas apa yang membuatnya spesial? Ini 5 faktanya!

Ada beragam jenis kopi yang bisa dengan mudah ditemukan saat ini. Biji kopi punya keunikan dan ciri khasnya tersendiri, tak terkecuali kopi geisha yang disebut-sebut punya harga sangat mahal.

Jenis kopi ini semakin diminati, terbukti dengan jumlah permintaan secangkir kopi geisha yang terus bertambah. Terlepas dari harganya yang mahal, kopi ini disukai karena terkenal punya rasa unik di kalangan pencinta kopi. Namun, apakah rasanya sepadan dengan harganya?

Untuk mengulik kopi geisha secara lebih dalam, merangkum craftcoffeeguru.com (26/11), berikut 5 fakta kopi tersebut yang perlu diketahui.

1. Apa Itu Kopi Geisha?

Berasal dari Ethiopia, kopi geisha ini menjadi salah satu kopi yang punya rasa luar biasa karena melalui proses panjang. Foto: Getty Images

Jika mendengar jenis kopi ini, mungkin banyak orang salah paham dengan namanya. Seperti yang dipahami oleh banyak orang, istilah geisha mungkin dianggap sebagai wanita penghibur di Jepang.

Namun sebenarnya, kopi geisha merupakan jenis kopi yang bijinya berasal dari Ethiopia. Nama geisha diambil dari nama tempat kopi itu berasal, yaitu hutan Gori Geisha.

Kopi geisha atau gesha menjadi salah satu biji kopi dengan peringkat teratas di dunia. Pada tahun 1950-an, biji kopi ini dibawa dari Ethiopia ke Kosta Rika, tepatnya ke pusat Penelitian Pendidikan Tinggi Pertanian Tropis.

Barulah, biji kopi ini dibawa ke Panama untuk dibudidayakan di negara tersebut, dengan Hacienda la Esmeralda menjadi perkebunan yang mengambil alih pembudidayaan kopi ini.

Kopi geisha mulai dikenal luas setelah pada 2004 diperkenalkan melalui lelang kopi Best of Panama. Ternyata kopi geisha telah mengejutkan semua penilai hingga menjadi populer seperti sekarang.

2. Keistimewaan Kopi Geisha

Keistimewaan kopi geisha datang dari tanaman itu sendiri. Tanaman kopi yang berasal dari Ethiopia sudah memberikan ciri khusus yang akan membedakan dari biji kopi lain. Namun, proses pengeringan dan pemanggangan yang unik juga membuatnya lebih spesial.

Biasanya para penduduk setempat akan memetik langsung biji kopi ini yang diambil dari gunung Volcano Baru. Setelahnya, biji kopi akan dikeringkan selama lebih dari seminggu, tepatnya delapan hari sampai biji mencapai tingkat kelembaban ideal.

Jika sudah mencapai tingkatan itu, tandanya biji sudah siap untuk dijual. Barulah kopi geisha akan melalui proses pemanggangan sempurna hingga diolah menjadi secangkir kopi yang punya rasa memukau.

3. Cita Rasa Khas Kopi Geisha

Tak semua orang pernah menjajal kopi ini. Tetapi menurut para ahli, kopi geisha punya rasa yang tak tertandingi oleh kopi lain di dunia.

Digambarkan, kopi ini punya rasa campuran antara teh dan buah. Sementara untuk tekstur dari kopinya sendiri, halus dan lembut. Bahkan aromanya dapat disandingi dengan parfum yang punya aroma bunga melati, mawar, dan bergamot.

Kopi geisha juga dianggap sebagai kopi dengan kualitas terbaik. Sesuai dengan penilaian Speciality Coffee Association (SCA), grup yang berspesialisasi dalam segala hal yang berhubungan dengan kopi memberi nilai 94,1 poin dengan skor maksimum 100 untuk kopi geisha.

4. Alasan Harganya Mahal

Bukan hanya persoalan karakteristik dan profil rasa yang membuat kopi geisha mahal, melainkan juga karena proses penanaman yang sulit dengan permintaan yang banyak membuat harga kopi ini menjadi tinggi.

Kopi geisha harus melalui proses penanaman yang cukup sulit karena membutuhkan lingkungan yang spesifik agar bisa tumbuh dengan baik. Karenanya, kopi geisha ditanam di gunung tertinggi Panama yang punya lingkungan paling cocok.

Tetapi hanya sejumlah kopi saja yang bisa ditanam setiap tahunnya. Sedangkan permintaan sangat tinggi dan jumlah hasil tanamnya tidak mencukupi permintaan tersebut.

Hanya beberapa kedai kopi dengan penawaran tertentu yang bisa mendapatkan sekantong biji kopi ini. Akhirnya, persaingan pun semakin ketat dan harganya bertambah tinggi.

5. Harga Kopi Geisha dan Apakah Sepadan?

Melansir homegrounds.co (04/10/2019), harga kopi geisha per 500 gram bisa mencapai $600 atau setara dengan Rp 9,4 juta sendiri. Di beberapa tempat seperti di Panama, kopi ini bisa ditemukan dengan harga $9 atau Rp 141 ribu per cangkirnya.

Kopi geisha juga bisa ditemukan di beberapa kedai kopi di New York dengan harga $18 atau Rp 282 ribu per cangkir. Namun baru-baru ini, ditemukan di salah satu kedai kopi di San Fransisco, harga per cangkir kopi ini mencapai $75 atau Rp 1 jutaan.

Sebenarnya kopi ini tidak akan sepadan jika ingin dijadikan minuman setiap hari. Tetapi jika ingin merasakan cita rasa unik, kamu bisa mencobanya sekali.

(roi)