5 Rekomendasi Wisata Untuk Healing di Pasuruan

Pasuruan merupakan wilayah dengan atraksi pariwisata terlengkap meliputi pegunungan, dataran, dan laut, sekaligus kota tertua kedua di jawa Timur. Dengan demikian, Pasuruan menjadi pilihan destinasi kota wisata yang tepat bagi para pelancong.

5 Rekomendasi Wisata Untuk Healing di Pasuruan
Objek wisata Reco Kembar di Pasuruan, Jawa Timur (Foto: Instagram/@_sifakk)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Tempat wisata menarik di Pasuruan, Jawa Timur berikut ini bisa jadi ide kunjungan wisata ketika Anda berada di kota pegunungan atau City of Mountain ini. Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dengan ibu kotanya yakni Bangil.

Pasuruan merupakan wilayah dengan atraksi pariwisata terlengkap meliputi pegunungan, dataran, dan laut, sekaligus kota tertua kedua di jawa Timur. Dengan demikian, Pasuruan menjadi pilihan destinasi kota wisata yang tepat bagi para pelancong.

Berikut Nusadaily rangkumkan 5 tempat wisata menarik terpopuler di Pasuruan, Jawa Timur.

1. Reco Kembar

Reco Kembar terletak di Dusun Krajan, Hutan Cowek, Purwodadi Kabupaten Pasuruan. Tempat wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang tak boleh terlewatkan bagi para wisatawan. Nikmati sensasi kolam atau tempat pemandian alami yang berada di tengah-tengah hutan yang asri.

Keberadaan Reco Kembar juga tergolong tersembunyi, sehingga tak heran jika hanya sebagian orang yang mengetahui keberadaan tempat ini.

Salah satu ciri khas dari Reco Kembar adalah, 2 buah batu besar yang menjulang di tengah kolam. Dua batu besar tersebutlah yang kemudian disebut dengan nama Reco Kembar.

Pemandian ini terdiri dari kolam, yaitu kolam dewasa dan anak-anak. Selain berenang, dari Reco Kembar Anda juga dapat menikmati pemandangan sawah dengan terasering. Hamparan sawah dan jejeran pohon kelapa membuat pikiran menjadi syahdu.

Untuk menikmati pemandian ini, Anda harus membayar sebesar Rp5.000 per orangnya. Namun harga dapat berubah sewaktu-waktu.

2. Air Terjun Putuk Truno

Terletak tak terlalu jauh dari keramaian kota, air terjun Putuk Truno bisa jadi tempat wisata alternatif untuk melepaskan penat.

Air terjun dengan ketinggian mencapai 45 meter ini, terletak di kaki gunung Gunung Arjuno-Welirang, tak hanya asri tetapi juga menawarkan pemandangan yang menyegarkan sejauh mata memandang sekeliling air terjun.

Air terjun ini juga dipercaya dapat mendatangkan cinta yang langgeng dan abadi bagi pasangan yang datang ke sini. Meskipun medan untuk menuju air terjun biasanya sulit dijangkau, namun hal ini tidak berlaku pada air terjun Putuk Truno.

Untuk menikmati keindahan air terjun Putuk Truno, para wisatawan dapat membayar sebesar Rp15.000 di hari biasa dan Rp20.000 di akhir pekan. Sedangkan bagi anda yang datang menggunakan kendaraan, dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

3. Taman Safari Prigen

Taman Safari Prigen adalah salah satu tempat wisata edukasi yang dapat dikunjungi ketika Anda berada di Pasuruan. Di sini terdapat berbagai macam spot serta koleksi satwa menarik di dalamnya. Taman Safari Prigen atau Taman Safari Indonesia II Jatim, buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.00 WIB.

Anda yang merencanakan liburan ke Taman Safari Prigen, dapat memesan tiket kunjungan Anda melalui aplikasi pemesanan online. Anda akan ditawarkan beragam katalog paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari Rp130.000-Rp150.000.

4. Wisata Kuliner Ngopi Wenk Jurang Trawas Pasuruan

Tempat ini bisa jadi salah satu tempat bersantai dengan menyuguhkan suasana ngopi dengan landscape alam yang begitu menakjubkan. Dari kafe ini terlihat secara jelas panorama perkotaan Mojokerto-Pasuruan.

Medan menuju cafe ini cukup menantang karena terletak di dataran yang lebih tinggi. Selain itu juga harga kopi yang ditawarkan di cafe ini cukup terjangkau alias bersahabat di kantong. Menu makanan dan minuman di sini bisa dibilang cukup murah. Dengan kisaran harga Rp5.000-50.000. Tak heran jika banyak sekali pengunjung yang datang untuk merasakan sensasi ngopi di cafe satu ini.

Jam operasional wisata kuliner ngopi Wenk Jurang Trawas Pasuruan buka mulai pukul 09.00-22.00 WIB.

5. Wisata Pantai Lekok Pasuruan

Wisata pantai Lekok Pasuruan terletak di desa lekok, Kabupaten Pasuruan. Wisata Pantai Lekok memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat hari biasa maupun di hari libur.

Pantai Lekok memiliki pasir pantai berwarna gelap dan halus dengan beberapa bebatuan besar di pinggir pantai, dan jejeran pohon-pohon yang membuat pantai lebih rindang. Meskipun di pantai, tempat wisata ini menyediakan beragam fasilitas yang menunjang para wisatawan seperti area parkir, mushola, kamar mandi atau MCK, rumah makan, dan lainnya.

Biaya retribusi yang dikenakan ketika Anda berkunjung ke tempat wisata satu ini adalah sebesar Rp7.500 namun harga ini dapat berubah sewaktu-waktu.

(roi)