Mantan Polisi Ditangkap Usai Kasus Pemerkosaaan Delapan Wanita di Afrika Selatan

Delapan wanita diperkosa selama syuting video di Afrika Selatan pada musim panas. Sehubungan dengan kejahatan itu, petugas polisi kini juga sedang menyelidiki seorang mantan rekannya.

Mantan Polisi Ditangkap Usai Kasus Pemerkosaaan Delapan Wanita di Afrika Selatan
ilustrasi penangkapan

NUSADAILY.COM – JOHANNESBURG - Delapan wanita diperkosa selama syuting video di Afrika Selatan pada musim panas. Sehubungan dengan kejahatan itu, petugas polisi kini juga sedang menyelidiki seorang mantan rekannya.

Melansir Spiegel.de, seorang mantan perwira polisi telah ditangkap setelah peristiwa pemerkosaan beramai-ramai terjadi di Afrika Selatan. Pada akhir Juli, pelaku bersenjata berat menyerang kru film di desa Krugersdorp dekat kota metropolitan ekonomi Johannesburg. Saat itu mereka sedang merekam video musik di tambang bekas.

Para penyerang memperkosa delapan wanita yang berusia antara 19 dan 35 tahun dan mencuri dompet, ponsel, dan perhiasan. Seorang juru bicara polisi untuk kantor berita dpa mengatakan bahwa mantan petugas polisi, di mana harta para korban ditemukan, merekomendasikan lokasi syuting kepada kru film. Wanita itu dituduh melakukan pencurian dan kegiatan ilegal lainnya.

Baca juga: Parkir dan Operasi Ilegal, Satu Titik Penyewaan Sepeda Listrik di Beijing Ditutup
Menurut polisi, banyak dari tersangka adalah pekerja asing yang mendulang emas secara ilegal di tambang Afrika Selatan yang tertutup. Sebanyak 84 tersangka ditangkap dalam penggerebekan di salah satu tambang tersebut, ujar polisi pada bulan Agustus. Dua tersangka lainnya tewas dalam baku tembak dengan polisi. Sepertiga lainnya terluka dan dibawa ke rumah sakit.

Dalam sebuah surat edaran, Presiden Cyril Ramaphosa mengutuk tindakan itu dan menyebutnya "tindakan kebrutalan yang mengerikan". Dia menyebut pemerkosaan beramai-ramai sebagai "penghinaan terhadap hak perempuan dan anak perempuan untuk hidup dan bekerja dalam kebebasan dan keamanan."

Baca juga: 10 Korban Tewas Dalam Ledakan di SPBU Irlandia

Kekerasan seksual adalah masalah besar di Afrika Selatan. Menurut statistik polisi, sekitar 10.818 orang diperkosa dalam tiga bulan pertama tahun ini saja. Namun, polisi yakin jumlah kasus yang tidak dilaporkan jauh lebih tinggi karena sebagian besar kasus tidak dilaporkan. (jrm3/lna)