Gaya Bupati Ponorogo Bersama Istri Sambangi Desa Sawuh

Kang Giri mengatakan jika kegiatan baksos tersebut hanya bagian kecil saja. Menurutnya, silaturahmi yang terus terjalin dengan masyarakat itu yang lebih utama dan penting.

NUSADAILY.COM - PONOROGO - Sambang ke Desa Sawuh, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, Selasa, (18/10/2022), Bupati Sugiri Sancoko bersama Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Ponorogo, Ny. Susilowati menyerahkan 25 paket sembako kepada warga kurang mampu.

Bupati dan istri juga tampak mengujungi bazar UMKM yang memamerkan produk unggulan desa Sawuh Siman Ponorogo.

Kang Giri, sapaan akrabnya, rajin ikuti baksos TP PKK di seluruh desa di wilayah Kabupaten Ponorogo. 

Dalam sambutanya Kang Giri mengatakan jika kegiatan baksos tersebut hanya bagian kecil saja. Menurutnya, silaturahmi yang terus terjalin dengan masyarakat itu yang lebih utama dan penting. 

Selain itu, Ibu-ibu PKK bisa turun langsung menyapa masyarakat sehingga bisa saling berbagi dan tukar pengalaman khususnya terkait 10 program pokok PKK apakah sudah dapat terlaksana dengan baik.

"Baksos itu hanya bagian kecil saja. Dan ini memang penting untuk membantu warga kurang beruntung yang ada di setiap desa yang saya kunjungi. Tapi yang utama adalah kunjungan silaturahmi ke desa untuk mengetahui kondisi terkini setiap desa termasuk capaian apa yang sudah dikerjakan dan segala halangan agar program yang digulirkan pemerintah Kabupaten bisa berjalan dengan baik," kata Kang Giri di hadapan warga setempat.

Sementara itu, Ny. Susilowati dalam sambutanya menyampaikan, dari 21 Kecamatan di Kabupaten Ponorogo sudah ada 18 Kecamatan yang telah Ia kunjungi sembari menyerahkan bantuan sosial paket sembako.

Ia juga berharap hingga awal bulan November 2022 ini kegiatan sambang desa sambil menyerahkan bantuan paket sembako bisa tuntas.

"Kita telah keliling 18 Kecamatan dan tinggal menyisakan tiga Kecamatan lagi. Yaitu Kecamatan Balong, Ponorogo dan Jetis. Insya Allah ada sekitar 50 desa lebih bisa tuntas pada bulan November ini," paparnya.

Pemberian bantuan sosial berupa paket sembako ini, lanjutnya, memang tidak seberapa. Tetapi akan sangat membantu dan bisa meringankan bagi warga kurang mampu di setiap desa.

"Kita tahu bahwa di setiap desa pasti ada orang kurang mampu. Makanya kita sedikit berbagi kebahagian dengan mereka," imbuhnya.

Kinam Kumalasari, Ketua TP PKK Desa Sawuh Kecamatan Siman mewakili warga mengucapkan banyak terimakasih kepada TP PKK Kabupaten Ponorogo atas bantuan paket sembako dan itu sangat bermanfaat. Ia berharap kedepan akan terus berlangsung program pemberian paket sembako dari PKK Kabupaten Ponorogo.

"Saya atas nama warga desa Sawuh mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan paket sembako. Bantuan itu sangat berharga dan penting bagi warga kami," kata Kinan.

Kegiatan sambang desa oleh ketua TP PKK Kabupaten bersama Bupati Sugiri Sancoko di desa Sawuh Kecamatan Siman Ponorogo terlihat sangat meriah.

Tampak saat keduanya memasuki kantor desa disambut dengan kesenian reog anak-anak komplit. Mulai jatil, bujang ganong hingga barongan yang diperankan oleh anak-anak TK dan SD di desa Sawuh Ponorogo.

Di akhir acara, rombongan juga disuguhi hidangan soto khas desa Sawuh yaitu 'soto kreteg'.

Bupati bersama istri juga tampak memborong aneka oleh oleh produk unggulan UMKM desa Sawuh. (***/nto/lna)