Sebelum Hembuskan Nafas Terakhir, Ki Joko Bodo Sudah Tinggalkan Dunia Paranormal dan Berhijrah Sejak Tahun 2014

"Meninggalnya sebenarnya waktu pagi tadi habis mandi," kata Revo. "Habis mandi 'kan biasanya keluarga jemur ayah. Tiba-tiba waktu dijemur sudah enggak ada,"

Sebelum Hembuskan Nafas Terakhir, Ki Joko Bodo Sudah Tinggalkan Dunia Paranormal dan Berhijrah Sejak Tahun 2014
ki joko bodo

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Anak Ki Joko Bodo mengaku tak menyangka mendiang ayahnya "bisa kembali ke agama" setelah sempat dikenal luas sebagai paranormal.

Hal itu diungkap Revo setelah prosesi pemakaman pria yang bernama asli Agus Yulianto tersebut. Sebelum meninggal pada Selasa (22/11), Ki Joko Bodo meninggalkan dunia paranormal dan berhijrah pada 2014.

"Enggak sangka saja ayah bisa kembali kepada fitrah, bisa kembali kepada ilmu agama begitu, maksudnya yang dari dulu dikenal seperti itu nyatanya bisa berubah," kata Revo, putra Ki Joko Bodo.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Drama Korea Terbaru yang Akan Segara Rilis

Dikutip dari detikHot, Selasa (22/11), Revo menyebut pria yang juga pernah berakting dalam film horor Terowongan Casablanca pada 2007 itu meninggalkan empat orang anak.

"Ayah itu sebenarnya enggak banyak omong ya, lebih kayak, ayah itu kayak perhatian begitu, lebih sering kasih contoh dibanding omong," kenang Revo akan sosok ayahnya itu

Revo sebelumnya menjelaskan bagaimana kronologi Ki Joko Bodo meninggal dunia. Menurut dia, ayahnya biasanya berjemur setiap pagi setelah mandi. Namun ketika akan dijemur, Ki Joko Bodo ternyata telah meninggal.

"Meninggalnya sebenarnya waktu pagi tadi habis mandi," kata Revo. "Habis mandi 'kan biasanya keluarga jemur ayah. Tiba-tiba waktu dijemur sudah enggak ada,"

"Posisi meninggalnya di dalam rumah. Soalnya waktu di luar rumah itu, sudah ada tanda-tanda, begitulah. Akhirnya kita bawa masuk ya, kita panggil dokter," kata Revo.

"Didiagnosa meninggal dunia pada jam 10 pagi tadi," tambahnya.

Sementara itu, Ayda Prasasti yang merupakan putri dari Ki Joko Bodo mengungkapkan bahwa ayahnya memiliki riwayat penyakit darah tinggi atau hipertensi.

"Ada [riwayat] darah tinggi. Ayahku memang ada jadwal kontrol di hari Kamis, tapi sudah pergi duluan," tutur Ayda dalam kesempatan terpisah kepada CNNIndonesia.com, Selasa (22/11).  "Enggak ada (pemicu), memang sudah waktunya. Sudah takdir,"

BACA JUGA : Innalillahi, Ki Joko Bodo Meninggal Dunia

Lahir pada 1964, nama Ki Joko Bodo mulai masuk ke dunia hiburan pada era milenium. Ki Joko Bodo kerap hilir mudik di berbagai liputan infotainment, terutama saat peralihan tahun dan diminta prediksinya untuk tahun depan.

Kala itu Ki Joko Bodo menjadi salah satu paranormal yang cukup populer di kalangan dunia hiburan dan media. Sesekali, kehidupannya pun jadi bahan pemberitaan.

Penampilan Ki Joko Bodo yang nyentrik kala itu, berupa rambut gondrong awut-awutan serta kumis menjadi ciri khasnya tersendiri.

Popularitas dan penampilan yang sudah memiliki ciri menarik Ki Joko Bodo ke dunia akting. Namun Ki Joko Bodo juga pernah mendirikan sebuah band yang disebut 3 Mantra pada 2007 silam.

Pada 2014, Ki Joko Bodo memutuskan untuk meninggalkan profesi paranormal dan berhijrah. Penampilan nyentriknya pun ditinggalkan. Bahkan pada 2019, tempat praktiknya ia ubah menjadi masjid.(ris)