Ketua Umum MUI Segera Berganti, Siapa Dia?

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) segera berganti. Wakil Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, dalam waktu dekat, MUI akan memutuskan ketua umum definitif pengganti Miftachul Akhyar.

Aug 2, 2023 - 23:18
Ketua Umum MUI Segera Berganti, Siapa Dia?
Zainut Tauhid (Foto: istimewa) Baca artikel detiknews, "MUI Segera Putuskan Ketua Umum Baru Pengganti Miftachul Akhyar" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6854909/mui-segera-putuskan-ketua-umum-baru-pengganti-miftachul-akhyar. Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/

NUSADAILY.COM - JAKARTA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) segera berganti. Wakil Ketua Dewan Pertimbangan (Wantim) MUI Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan, dalam waktu dekat, MUI akan memutuskan ketua umum definitif pengganti Miftachul Akhyar. Hal ini ia sampaikan seusai rapat Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia di kantor MUI, Jakarta Pusat.

"Insyaallah ketua umum definitif akan diputuskan di dalam rapat paripurna MUI," kata Zainut kepada wartawan di kantor MUI, Jakarta Pusat, pada Rabu (2/8/2023) dilansir dari detik.com.

 

Zainut mengatakan Sekretaris Jenderal MUI Amirsyah Tambunan sudah melaporkan soal proses pergantian Ketua Umum MUI dalam rapat Dewan Pertimbangan MUI. Ia mengatakan, dalam waktu dekat, Dewan Pimpinan akan menggelar rapat paripurna bersama Dewan Pertimbangan MUI untuk mengesahkan ketum yang baru.

 

"Dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. (Waktunya) sebelum ayam berkokok," ujarnya.

 

Saat ditanyakan apakah Wakil Rais Aam PBNU Anwar Iskandar yang bakal menjadi Ketua Umum MUI, Zainut tak menjawab secara gamblang. Ia hanya menjelaskan MUI mengikuti mekanisme untuk memutuskan ketum yang baru.

 

"Iya, kita mengikuti mekanisme organisasi yang sudah ditentukan di MUI. Saya kira kita tidak bisa lepas dari itu," ungkapnya.

 

Diketahui Ketua Umum MUI sebelumnya, Miftachul Akhyar, mengajukan mengundurkan diri pada Maret 2022 karena memilih fokus sebagai Rais Aam PB Nahdlatul Ulama (PBNU).(*)