Kampanye Sidoarjo ‘Horek’ Massa, Hasil Survei Prabowo-Gibran Kian Mantap Satu Putaran

“Lihat saja kampanye di GOR pada Jumat kemarin. Massa tumpah ruah mengeluh-eluhkan Pak Prabowo. Ini semakin memberi keyakinan kami untuk menang satu putaran. Ini merupakan kemenangan rakyat Indonesia,” kata Rahmat Muhajirin, Caleg DPR RI dari Partai Gerindra.

Kampanye Sidoarjo ‘Horek’ Massa, Hasil Survei Prabowo-Gibran Kian Mantap Satu Putaran
Capres 02 Prabowo, dieluh-eluhkan massa saat kampanye di GOR Delta Sidoarjo.

NUSADAILY.COM – SIDOARJO ; Kampanye Prabowo – Gibran di Gelora Delta Sidoarjo, semakin memantapkan Paslon nomor 02 memang satu putaran. Itu tidak hanya didukung fakta di lapangan saat berlangsung kampanye akbar dihadiri puluhan ribu massa dari Sidoarjo, Surabaya maupun daerah lain di Jawa Timur yang tumpah ruah di GOR Delta Sidoarjo. 

Hasil survei juga menunjukkan peluang Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 telah terbuka lebar memenangkan kontestasi itu satu putaran.  “Kami semakin yakin..seyakin-yakinnya. Paslon nomer 2 pasti menang satu putaran pada Pilpres 2024. Masyarakat sudah semakin cerdas menentukan pilihannya ke Pak Prabowo yang benar-benar akan membawa kesejahteraan bagi bangsa Indonesia,” kata Rahmat Muhajirin, anggota DPR RI dari Partai Gerindra, pada Sabtu (10/2) siang tadi.

Pada Pemilu 2024 ini, Rahmat Muhajirin yang biasa di sapa RM ini kembali menjadi Caleg DPR RI dari Partai Gerindra untuk Dapil 2 meliputi Sidoarjo-Surabaya.  Juga istrinya Hj. Mimik Idaya terdaftar sebagai caleg Gerindra DPRD Provinsi Jatim untuk Dapil Sidoarjo. Bahkan pasangan suami-istri ini ikut terjun langsung mengawal ribuan massa menuju ke stadion GOR Delta,--tempat kampanye akbar paslon Prabowo-Gibran.  

“Lihat saja kampanye di GOR  pada Jumat kemarin. Massa tumpah ruah mengeluh-eluhkan Pak Prabowo. Ini semakin memberi keyakinan kami untuk menang satu putaran. Ini merupakan kemenangan rakyat Indonesia,” tambahnya.

Capres Prabowo sempat diberi sebuah kado oleh pendukungnya dikawal Caleg DPRD Jatim Hj. Mimik Idayana, saat berkampanye di GOR Sidoarjo.

Kampanye bertajuk "Pesta Rakyat Wis Wayahe Prabowo-Gibran" ini dihadiri masyarakat di berbagai daerah di Jawa Timur seperti dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Pasuruan, Mojokerto, Probolinggo dan daerah lainnya di sekitaran Jawa Timur. Tampak hadir beberapa tokoh nasional seperti Erick Thohir; Ketua Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono; Bahlil Lahadalia; Gus Miftah; Arumi Bachsin; dan Ketua Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad. 

Tampak pula mantan Gubernur Jatim Soekarwo, Bupati  Gus Muhdlor dan ayahnya KH Agoes Ali Masyhuri dan para caleg partai Gerindra, di antaranya Rahmat Muhajirin dan Mimik Idayana yang ikut turun langsung ke lapangan mengawal massa dari berbagai kecamatan di Sidoarjo maupun Surabata.

Dalam kampanye dibanjir lautan massa hingga membuat ‘horek’ suasana stadion,--membanjiri setiap sudut stadion itu  telah mengelu-elukan Prabowo-Gibran. Teriakan ‘menang satu putaran’ pun terus bergema di dalam stadion yang berkapasitas 48 ribu orang tersebut. Hampir setiap tribun yang menghadap panggung penuh.  Massa juga memadati area lapangan dengan begitu antusias dan semangat  menyamput pidato orasi Prabowo.

Sementara itu, hari H kian dekat,--beberapa lembaga survei berbeda telah memaparkan data terbaru elektabilitas capres jelang penyelenggaraan kampanye akbar pada Minggu (10/2/2024). Potensi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tuntas dalam satu putaran semakin besar.  

Di antaranya, hasil survei terbaru lembaga Polling Institute menunjukkan bahwa mayoritas publik atau 53,8% responden menginginkan Pilpres 2024 berlangsung satu putaran. Alasannya, bisa menghemat anggaran negara, mengurangi ketegangan antara komponen politik serta memberikan kepastian kepada dunia usaha dan pemerintah untuk segera melanjutkan program-program yang ada.

“Sebanyak 53,8 persen menginginkan pesta demokrasi berlangsung satu putaran untuk menghemat anggaran negara. Lalu, 39,4 persen yang menyatakan pilpres satu putaran atau dua putaran sama-sama baik, sepanjang berlaku secara demokratis sesuai pilihan rakyat serta yang tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 6,9 persen,” ujar peneliti Polling Institute Kennedy Muslim.

Sedangkan survei Poltracking yang dilakukan pada periode 25 Januari-2 Februari 2024, Prabowo-Gibran unggul dengan angka 50,9%, disusul Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) 25,1% dan ganjar Pranowo-Mahfud MD 18,4%. Adapun 5,6% responden tidak menjawab atau tidak tahu.

Lalu hasil  survei Lembaga Indikator Politik juga menempatkan Prabowo-Gibran di posisi pertama dengan 51,6% -54%. Direktur Indikator Burhanudin Muhtadi menjelaskan pemilu berpeluang besar hanya dilakukan satu putaran saja.

Hampir sama dengan hasil Indikator Politik Indonesia  Survei Indikator terbaru diselenggarakan 28 Januari-4 Februari 2024. Hasil survei menemukan bahwa 51,8% responden menyatakan memilih paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming dalam simulasi surat suara.

Setelah itu, sebanyak 24,1% memilih paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan 19,6% memilih paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.  Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menyampaikan bahwa potensi Pilpres dua putaran semakin menipis seiring dengan tren naiknya elektabilitas Prabowo-Gibran. (*/ful)