H - 3 Pencoblosan, Bawaslu Magetan Gelar Apel Akbar Persiapan Pengawasan Pemilu 2024

H - 3 Pencoblosan, Bawaslu Magetan Gelar Apel Akbar Persiapan Pengawasan Pemilu 2024
Apel Akbar Bawaslu Magetan jelang 3 hari pelaksanaan Pemilu 2024 di alun-alun. Sabtu (10/02/2024).

NUSADAILY.COM - MAGETAN - H - 3 Pemilu 2024, Bawaslu Kabupaten Magetan menggelar apel akbar dalam rangka persiapan pengawasan tahapan masa tenang, serta pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024 di Alun-alun Kabupaten Magetan, Sabtu (10/2/2024).

Apel akbar ini diikuti oleh seluruh jajaran Bawaslu se-Kabupaten Magetan, mulai dari tingkat kelurahan, desa, dan kecamatan. Hadir pula Pj Bupati Magetan, Ketua KPU, Kapolres, dan Dandim Magetan.

Menurut Muhammad Kilat Adi Nugroho, Ketua Bawaslu Magetan, apel tersebut menandai kesiapan Bawaslu Magetan dalam mengawal tahapan masa tenang hingga pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 14 Februari 2024 mendatang. 

"Kami harapkan Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu 14 Februari 2024 atau H -3 dari sekarang bisa berjalan dengan adil, jujur, dan berintegritas," kata Kilat.

Bawaslu, lanjutnya, akan memaksimalkan pengawasan dalam masa tenang, karena biasanya dalam masa ini hingga hari pencoblosan nanti, banyak ditemukan pelanggaran yang muncul.

"Kami akan maksimalkan pengawasan di masa tenang ini, karena biasanya banyak pelanggaran yang muncul, seperti politik uang, intimidasi, dan lainnya," tegasnya.

Diketahui, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilu 2024 di Kabupaten Magetan ada sebanyak 2.012, yang tersebar pada 18 kecamatan.

"Kami juga miminta peran serta masyarakat untuk bersama-sama mengawasi jalannya Pemilu 2024 agar dapat berjalan dengan lancar, tertip dan damai," pungkasnya. (*/nto).