FBI Ikut Andil Dalam Investigasi Pemadaman Listrik di North Carolina

Insiden pemadaman listrik di North Carolina, Amerika Serikat menyisakan misteri baru yang mesti diungkap pihak berwenang. Pemadaman listrik di Moore County itu berubah menjadi penyelidikan kriminal serelah kru utilitas penyedia listrik menemukan tanda-tanda potensi perusakan pada peralatan di lokasi berbeda.

FBI Ikut Andil Dalam Investigasi Pemadaman Listrik di North Carolina
IlustrasiPemadaman Listrik (Foto: REUTERS/DINUKA LIYANAWATTE)

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Insiden pemadaman listrik di North Carolina, Amerika Serikat menyisakan misteri baru yang mesti diungkap pihak berwenang.

Pemadaman listrik di Moore County itu berubah menjadi penyelidikan kriminal serelah kru utilitas penyedia listrik menemukan tanda-tanda potensi perusakan pada peralatan di lokasi berbeda.

Setelah pemadaman massal yang terjadi tiba-tiba tanpa direncanakan itu, kru perusahaan penyedia listrik di Moore County menemukan kerusakan yang nampak disengaja di dua gardu induk yang lokasinya berbeda. Diperkirakan ada bekas tembakan pada kerusakan di dua lokasi tersebut.

Bahkan, kini bukan cuma kepolisian setempat saja yang turun tangan di dalam kasus tersebut. Biro Investigasi Federal AS (US Federal Bureau of Investigation/FBI) pun ikut turun tangan, seperti yang dilaporkan CNN dikutip Selasa (6/12/2022).

Kerusakan di dua gardu induk tadi menyebabkan sekitar 40.000 pelanggan tiba-tiba berada dalam kegelapan pada Sabtu malam. Kepolisian setempat pun langsung menerapkan jam malam dan deklarasi darurat usai kejadian tersebut terjadi.

"Orang ataupun sekelompok orang, yang melakukan kejahatan ini jelas tahu persis apa yang mau mereka lakukan. Sangat terlihat ada kerusakan yang disengaja," kata Sheriff Ronnie Fields dari Moore County dalam konferensi pers.

Fields mengatakan beberapa peluru ditembakkan ke dua gardu induk. "Jelas sekali itu ditargetkan, itu tidak dilakukan sembarangan," katanya.

Dia tidak menyatakan aktivitas kriminal itu adalah terorisme domestik, pasalnya pihaknya mencatat tidak ada kelompok yang mengakui atau menerima merekalah yang melakukan itu. Biasanya serangan terorisme akan diikuti pernyataan terbuka dari pihak yang melakukan teror.

Hingga Senin sore, sekitar 38.000 rumah dan tempat bisnis masih belum tersambung listrik. Juru bicara Duke Energy Jeff Brooks mengatakan perlu waktu hingga Kamis untuk memulihkan listrik bagi semua orang yang terkena dampak. Duke Energy adalah perusahaan yang menyediakan listrik di Moore County.

Belum jelas berapa banyak kerugian dari kejadian ini. Namun, menurut perkiraan Sheriff Fields biaya kerusakan gardu induk mencapai jutaan dolar AS.

Apalagi Duke Energy pun menyebutkan kerusakan yang terjadi sangat signifikan dan mengubah rute daya. Beberapa peralatan pun harus diganti.

"Peralatan harus diganti. Kami mengejar berbagai jalur pemulihan sehingga kami dapat memulihkan pelanggan sebanyak mungkin secepat mungkin," kata Brooks, juru bicara Duke Energy.

(roi)