Deklarasi NasDem, Demokrat, PKS Tinggal Tunggu Waktu dan Hari Baik

"[Menunggu] waktunya kapan untuk deklarasinya, cari hari baik, bulan baik. Tapi yang jelas hubungan yang baik selama ini sudah terjalin semakin memperkokoh semangat," ujar Paloh.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menggelar pertemuan tertutup di Wisma Nusantara, Jakarta pada Rabu kemarin (26/10).

Usai pertemuan, keduanya mengatakan pengumuman deklarasi menghadapi Pilpres 2024 hanya tinggal menunggu waktu.

"[Menunggu] waktunya kapan untuk deklarasinya, cari hari baik, bulan baik. Tapi yang jelas hubungan yang baik selama ini sudah terjalin semakin memperkokoh semangat," ujar Paloh.

Senada, AHY mengatakan saat ini hanya tinggal menunggu momentum yang tepat untuk mendeklarasikan di hadapan publik.

Partai lain yang juga berkomunikasi intensif dengan NasDem dan Demokrat dalam penjajakan koalisi menghadapi Pilpres 2024 adalah PKS.

"Sekali lagi kalau kami pribadi [menilai] momentum itu tidak ditentukan oleh tanggalnya, tetapi pada saatnya itu memang dirasakan paling tepat jadi kita tidak tahu kapan itu tanggal bulannya," kata AHY.

AHY mengatakan momentum tidak hanya ditunggu melainkan juga diciptakan. NasDem, Demokrat dan PKS kata dia terus menyamakan visi sebelum koalisi dideklarasikan.

"Tentu itu mengapa kami tidak ingin tergesa-gesa terburu-buru, karena yang lebih baik adalah benar-benar solid dan benar-benar setelah itu hanya ada maju ke depan dan berlari. Bukan berhenti atau mundur ke belakang," kata AHY.

AHY menegaskan bahwa koalisi yang tengah dibangun antara Demokrat, NasDem dan PKS memiliki tujuan berupa kemenangan di Pilpres 2024 mendatang. Oleh karena itu, komunikasi yang dilakukan tidak bisa berlangsung singkat.

"Sebetulnya itu tadi proses ini kan tidak bisa sehari dua hari, seminggu dua minggu atau sekali pertemuan dua kali pertemuan. Kami lebih cocok kalau tidak diburu-buru. Tapi benar-benar sampe ketemu titik yang membuat kita semua yakin,"(han)