China Rencanakan Pelestarian Buku-buku Kuno

Pihak berwenang China baru-baru ini mengeluarkan rencana induk untuk pelestarian buku-buku kuno.

NUSADAILY.COM – BEIJING –  Pihak berwenang China baru-baru ini mengeluarkan rencana induk untuk pelestarian buku-buku kuno.

ilustrasi Tulisan (hanzi) Tiongkok sumber Istockphoto

Melansir Xinhua, rencananya, yang dirilis oleh kelompok terkemuka nasional yang bertanggung jawab atas klasifikasi dan penerbitan buku-buku kuno, akan memberikan panduan untuk pekerjaan negara di bidang ini sepanjang periode 2021 hingga 2035 mendatang.

Baca Juga: Departemen Kereta Api Shenzhen Terapkan Peta Operasi Kereta Baru Mulai 11 Oktober

Rencana itu terdiri dari 10 bagian yang berfokus pada berbagai aspek pelestarian buku kuno, termasuk perlindungan, penelitian, publikasi, digitalisasi, dan promosi, antara lain. Ini juga mencantumkan 40 proyek dan tugas utama yang relevan yang harus di selesaikan.

Baca Juga: Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik, Presiden China...

Pada bulan April 2022, Kantor Umum Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok dan Dewan Negara bersama-sama mengeluarkan sepasang pedoman untuk meningkatkan pelestarian dan penerbitan buku-buku kuno.

Hal ini menekankan bahwa buku-buku kuno sangat penting, bagi upaya China  untuk meneruskan tradisi dan budaya, menumbuhkan etos China, dan meningkatkan kekuatan budaya. (mdr1/lna)