Bandara Munich Klaim Krisis Akibat Corona Hampir Berakhir, Pengunjung Sudah Mulai Meningkat

Bandara Munich telah mendapatkan kembali 75 persen lalu lintas udara pada pra-corona di tahun ketiga pandemi.

NUSADAILY.COM – MUNICH – Krisis corona hampir tidak memukul industri dalam perjalanan udara di Munich. Bandara Munich kini telah kembali mencapai jumlah pengunjung yang tinggi.

Bandara Munich telah mendapatkan kembali 75 persen lalu lintas udara pada pra-corona di tahun ketiga pandemi.

BACA JUGA : Kemenkes Klaim Omicron Subvarian XXB Belum Ditemukan di...

Dalam sembilan bulan pertama tahun ini, Bandara udara Munich memiliki hampir 23,2 juta penumpang. Angka tersebut meningkat 215,3 persen dibandingkan dengan tahun 2021.

Jumlah lepas landas dan pendaratan hingga September naik 126,3 persen. Pihak bandara memberikan angka-angka itu pada hari Kamis (13/10) di Munich Press Club, seperti dilansir Merkur.

Krisis corona akan segera berakhir jika pengembangan momentum besar berlanjut. Bandara terbesar kedua di Jerman itu menargetkan lebih dari 30  juta penumpang pada tahun ini. Sebagai perbandingan, tahun yang baik untuk bandara mencatat hampir 50 juta penumpang.

Namun, tenaga kerja bandara telah menyusut sejak awal pandemi, menurut pihak bandara, yang awalnya memiliki 10.000 tenaga kerja, kini hanya tersisa 8.700.

Bandara Munich yang ramai dengan penumpang pesawat. Foto: DEUTSCHE WELLE/TWITTER/@Enzo_Lorenzen

BACA JUGA: Pandemi Jadi Endemi, BPJS Kesehatan Akan Tanggung Biaya Pasien COVID Mulai 2023

Bandara Munich mengalami penundaan dan kekacauan bagasi di musim panas lalu akibat kekurangan tenaga kerja.

Pihak bandara menghubungkan kekurangan tenaga kerja dengan “fakta bahwa penerbangan mendapatkan kembali kekuatan secara tak terduga dengan cepat dan infrastruktur tidak selalu mampu mengimbangi”.

Pihak bandara juga menekankan bahwa situasi di Munich secara signifikan lebih baik daripada di bandar lain di Jerman. Paling tidak karena kontrol dari perusahaan keamanan negara atas penumpang di bandara Munich. (jrm1)