YouTube Ikuti Format @ Twitter, Mulai Kapan Berlaku?

YouTube bakal memberikan username baru kepada para pengguna dengan format menyerupai Twitter, yaitu berupa simbol @ (at sign).

NUSADAILY.COM – JAKARTA - YouTube bakal memberikan username baru kepada para pengguna dengan format menyerupai Twitter, yaitu berupa simbol @ (at sign).

Format ini diklaim menjadi cara baru untuk menemukan dan berinteraksi dengan pembuat konten secara langsung dengan menggunakan pengenal unik lewat format @namapengguna.

Format baru yang dinamai 'handels' ini akan muncul, di komentar, deskripsi video, dan di halaman saluran, di antara tempat-tempat lain, memungkinkan pengguna untuk menandai orang lain dengan cepat seperti layaknya kolom deskripsi pada postingan TikTok.

"Akan segera lebih sederhana dan lebih cepat untuk menyebutkan satu sama lain dalam komentar, posting komunitas, deskripsi video, dan lainnya," kata YouTube dalam keteranganya dikutip SearchEngineJournal.

BACA JUGA : Tahun 2024, Pendapatan Iklan TikTok Diprediksi Bakal Lampaui YouTube

Fitur ini diklaim akan diluncurkan bulan depan dan kreator akan diberi tahu saat mereka mulai dapat memilih username.

Dengan fitur ini, misalnya, pembuat konten dapat disebut dalam sebutan di komentar atau diberi tag di judul kolaborasi baru-baru ini. Hal itu diklaim membantu mereka meningkatkan visibilitas dan jangkauan ke pemirsa baru.

"Kami ingin memastikan konten kreator dapat membuat identitas yang unik seperti konten mereka, sambil memberikan kepercayaan kepada pemirsa bahwa mereka berinteraksi dengan pembuat konten favorit mereka," kata YouTube dalam blognya.

Meski begitu, pembuat konten akan tetap memiliki nama saluran, tetapi handles akan berpotensi mengurangi akun peniru.

BACA JUGA : YouTube Kembali Tayangkan Konten Disney Usai Capai Kesepakatan

YouTube akan meluncurkan handles secara bertahap mulai minggu ini, dengan memberi tahu pengguna ketika fitur itu akan bergulir di akun masing-masing.

Dikutip TheVerge, penambahan handles dianggap membawa YouTube lebih sejalan dengan TikTok seperti perusahaan menggandakan investasinya ke Shorts.

Bulan lalu, YouTube mengumumkan akan membawa monetisasi ke Shorts, membiarkan pembuat konten mendapatkan 45 persen dari pendapatan iklan.

Selain YouTube pakai @Username seperti TikTok, pihaknya juga menambahkan pembaruan seperti watermark Shorts sebagai penanda jika konten diunggah di platform lain, dan alat untuk menggunakan video yang lebih panjang dalam YouTube Short.(lal)