Setelah Rayakan Nyepi Seluruh Kegiatan Warga Bali Berhenti

Sehari usai menggelar upacara Pengrupukan, seluruh aktivitas warga di Bali berhenti hari ini, Rabu (22/3/2023). Warga tak diperkenankan beraktivitas di luar rumah. Warga pun melaksanakan catur brata nyepi.

Setelah Rayakan Nyepi Seluruh Kegiatan Warga Bali Berhenti
Suasana di Karangasem, Bali, saat Hari Raya Nyepi, Rabu (22/3/2023). (iNews/Yunda Ariesta)

NUSADAILY.COM - KARANGASEM - Sehari usai menggelar upacara Pengrupukan, seluruh aktivitas warga di Bali berhenti hari ini, Rabu (22/3/2023). Warga tak diperkenankan beraktivitas di luar rumah. Warga pun melaksanakan catur brata nyepi.

BACA JUGA : Beberapa Alasan Wilayah Bali Terasa Sepi Saat Hari Raya...

Usai sehari melaksanakan persembahayangan di banjar adat masing-masing dalam upacara pangrupukan, aktivitas warga di Bali kini berhenti.

Salah satunya seperti tampak di wilayah Karangasem, Bali. Sejak pukul 06.00 Wita, tak ada satu pun warga tampak melintas di luar rumah.

Tak hanya itu, tak ada satu pun kendaraan melintas. Aktivitas jual beli seperti warung juga tampak tutup.

BACA JUGA : Penyeberangan Jawa-Bali-Lombok Ditutup Sementara untuk...

Hari Raya Nyepi ini dilakukan warga dengan melaksanakan catur brata penyepian atau 4 puasa atau pantangan yang dilakukan. Catur brata itu adalah amati geni yaitu tidak menyalakan api atau listrik, amati karya tidak bekerja, amati lelungan/ tidak berpergian, dan amati lelanguan tidak bersenang-senang.

(roi)