Real Madrid Akhirnya Telan Kekalahan di Liga Champions

Bagi RB Leipzig, kemenangan membuka peluang lolos ke fase knockout Liga Champions. Leipzig kini menempati peringkat kedua dengan perolehan sembilan poin, unggul tiga poin dari Shakhtar Donetsk (3), dan tertinggal satu poin dari Madrid yang sudah dipastikan lolos.

Real Madrid Akhirnya Telan Kekalahan di Liga Champions
Real Madrid saat tumbang dalam pertandingan di kandang Leipzig 2-3 pada penyisihan grup Liga Champions

NUSADAILY.COM - LEIPZIG - Juara bertahan Liga Champions Real Madrid akhirnya kalah. Madrid dipaksa mengakui keunggulan tuam rumah RB Leipzig dengan skor akhir 2-3.

RB Leipzig menantang Real Madrid di Red Bull Arena, Rabu (26/10/2022) dinihari WIB. Die Roten Bullen menciptakan start impresif usai unggul dua gol dalam 18 menit pertama melalui Josko Gvardiol dan Christopher Nkunku.

Vinicius Junior mencetak gol balasan Madrid jelang turun minum. Namun, RB Leipzig menyegel kemenangan berkat gol Timo Werner pada 10 menit terakhir. Di akhir injury time, Rodrygo menciptakan gol hiburan bagi Los Blancos dari titik penalti.

Bagi RB Leipzig, kemenangan membuka peluang lolos ke fase knockout Liga Champions. Leipzig kini menempati peringkat kedua dengan perolehan sembilan poin, unggul tiga poin dari Shakhtar Donetsk (3), dan tertinggal satu poin dari Madrid yang sudah dipastikan lolos.

Sementara itu hasil ini menandai Madrid menerima kekalahan pertamanya di kompetisi ini. Pada empat pertandingan sebelumnya, El Real meraup tiga kemenangan dan sekali seri.

RB Leipzig langsung menekan Real Madrid usai kickoff. Dari sebuah serangan, Emil Forsberg mengirim umpan silang ke sisi kiri meski bisa diatas Madrid.

Leipzig mengejutkan Madrid usai membuka keunggulan di menit ke-13. Josko Gvardiol mengubah skor menjadi 1-0 untuk Leipzig.

Dari sepak pojok, Andre Silva menyambut bola dengan tandukan yang ditepis Thibaut Courtois. Bola rebound bergulir ke jalur Gvardiol yang menyelesaikan dengan tandukan untuk membobol gawang Madrid.

Leipzig nyaris memperbesar skornya pada tiga menit kemudian. Christopher Nkunku berakselerasi menuju celah sebelum berupaya menaklukkan Courtois dengan tendangan cukilan. Sayang sekali upaya Nkunku cuma bersarang di sisi luar gawang Madrid.

Gol kedua yang dicari-cari RB Leipzig akhirnya tercipta di menit ke-18. Nkunku mengubah skor menjadi 2-0.

Leipzig membangun serangan dari sisi kiri lalu diteruskan dengan tembakan yang mengenai Aurelio Touchuameni di kotak penalti. Bola jatuh di jalur Nkunku yang begitu sigap menuntaskan dengan sepakan keras. Bola membentur mistar lebih dulu sebelum bersarang di sudut bawah gawang Madrid.

Real Madrid bereaksi dengan membuat peluang berbahaya. Di menit ke-36, Vinicius Junior melepaskan umpan terobosan untuk membebaskan Rodrygo. Penyerang Brasil itu menusuk dari sayap kiri lalu melakukan tendangan yang membuat Janis Blaswich melakukan penyelamatan bagus.

RB Leipzig membuang peluang berharga untuk mencetak gol ketiganya pada lima menit terakhir. Kerja sama Forsberg dan Nkunku diakhiri dengan umpan mendatar kepada Dominik Szboszlai. Namun, penyelesaian Szboszlain terlalu lemah sehingga bisa ditangkap Courtois dengan mudah.

GOL! Real Madrid akhirnya bisa mencetak gol untuk menipiskan ketinggalan dari RB Leipzig di menit ke-44. Marco Asensio menyelinap sisi kanan bertahanan Leipzig sebelum menyodorkan bola kepada Vinicius Junior.

Asensio melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti untuk diselesaikan Vinicius dengan tandukan akurat. RB Leipzig 2, Madrid 1.

RB Leipzig tancap gas usai restart. Sebuah skema serangan balik membebaskan Nkunku di depan. Tembakan Nkunku masih bisa ditahan Courtois, tapi hakim garis lantas mengangkat bendera tanda offside.

Real Madrid mulai memasukkan pemain-pemain seniornya. Di menit ke-70, RB Leipzig kembali melahirkan peluang berbahaya. Kerja sama Nkunku dan Timo Werner diakhiri pemain yang disebut terakhir dengan tembakan keras, meski masih melebar.

Kurang dari 10 berselang, Real Madrid melewatkan peluang mencetak gol penyama. Pemain pengganti Eden Hazard mengirim umpan silang, yang menemui Vinicius Junior. Akan tetapi, Vinicius yang dalam posisi bagus gagal melakukan sontekan.

GOL! RB Leipzig memukul Madrid setelah mencetak gol ketiganya melalui Timo Werner di menit ke-81. Serangan balik cepat Leipzig dimotori Mohamed Simakan di sayap kanan. Dalam situasi pertahanan Madrid yang lowong, Simakan mengirim umpan silang yang dengan mudah diselesaikan Werner dengan sontekan dari jarak dekat. RB Leipzig 3, Madrid 1.

Di masa injury time, Real Madrid memperoleh penalti setelah pelanggaran terhadap Rodrygo. Rodrygo sendiri maju sebagai algojo lalu mengirim Balswich ke arah yang salah sekaligus menjadikan skor akhir 3-2. (wan)

Susunan Pemain

RB LEIPZIG: Blaswich, Orban, Raum (Diallo 69'), Simakan (Heinrichs 89'), Gvardiol, Forsberg (Dani Olmo 69'), Schlager, Haidara (Kampl 84'), Szboszlai, Andre Silva (Werner 69'), Nkunku

REAL MADRID: Courtois, Nacho (Alaba 69'), Ruediger, Eder Militao, Kroos (Hazard 76'), Lucas Vazquez (Carvajal 69'), Tchouameni, Camavinga, Asensio Vinicius, Rodrygo