Penggalian Arkeologi di Situs Jiangkou Ungkap Peninggalan Berharga Budaya Rongshizibao

Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Provinsi Sichuan mengumumkan pada tanggal 16 November hasil penggalian arkeologi terbaru dari Situs Medan Perang Jiangkou pada akhir Dinasti Ming di Pengshan, Sichuan. Puluhan ribu peninggalan budaya yang berharga digali lagi, dan segel emas keluarga kerajaan "Rong Shizi Bao" sungguh menakjubkan.

Penggalian Arkeologi di Situs Jiangkou Ungkap Peninggalan Berharga Budaya Rongshizibao
penggalian situs (sumber: Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Provinsi Sichuan)

NUSADAILY.COM-CHENGDU-  Institut Peninggalan Budaya dan Arkeologi Provinsi Sichuan mengumumkan pada tanggal 16 November hasil penggalian arkeologi terbaru dari Situs Medan Perang Jiangkou pada akhir Dinasti Ming di Pengshan, Sichuan. Puluhan ribu peninggalan budaya yang berharga digali lagi, dan segel emas keluarga kerajaan "Rong Shizi Bao" sungguh menakjubkan.

BACA JUGA: Mediasi Antara Jessica Iskandar dan Stefanus Budianto Gagal, Pengacara: Jessica dan Vincent Tetap pada Prinsip

Melansir Tencent News, menurut Liu Zhiyan, pemimpin penggalian situs medan perang pada akhir Dinasti Ming di Jiangkou, segel emas "Rong Shi Zi Bao", bantalan cetak persegi, dan tombol segel berbentuk kura-kura, permukaan segel telah rusak, dan tiga karakter "Rong Zi Bao" masih bertahan.

Menurut "Shu Shi Zi Bao" yang digali di situs tersebut pada tahun 2020. Jin Yin berspekulasi bahwa segel emas ini seharusnya adalah "Rong Shi Zi Bao". Panjang sisi alas cetak 11,24 cm, tebal 3,28 cm, dan berat sisa 5915 gram. 

Selain itu, selama penggalian ini, para arkeolog memperoleh banyak hal di area penggalian seluas 1.000 meter persegi di sisi utara dan selatan situs: segel perak "Segel Gubernur Yongchang" yang diberikan oleh Li Zicheng kepada departemen Zhang Xianzhong menjadi bukti Zhang Xianzhong petunjuk penting untuk keaslian “Segel Emas Marsekal Yongchang”.

Segel perunggu “Akademi Chongde” dari Rumah Pangeran Ji Dinasti Ming juga melakukan perjalanan dari Changsha ke Sichuan.

Selain itu, sejumlah besar peninggalan budaya seperti batangan perak, senjata dinasti masa lalu, dan koin yang dilemparkan oleh rezim Daxi Zhang Xianzhong telah ditemukan kembali.

Segel perak "Segel Gubernur Yongchang" tidak memiliki alas cetak persegi dan kancing, dan ada sembilan tumpukan karakter segel "Segel Gubernur Yongchang" yang dicetak di permukaan segel. Panjang sisi alas cetak 9 cm, tebal 0,8 cm, dan berat 591,2 gram. 

BACA JUGA: Wow! Harga Rumah di China Turun Periode Oktober ini

Segel perunggu "Akademi Chongde yang diberikan oleh Dinasti Qin" memiliki permukaan berlapis emas, alas cetak persegi panjang, tombol segel berbentuk kura-kura, dan enam karakter "Akademi Chongde yang diberikan oleh Dinasti Qin" dalam naskah segel di permukaan cetakan. Alas cetak ini memiliki panjang 13,9 cm, lebar 4,16 cm, tinggi 2,53 cm, dan berat 1245 gram. (mdr2/lna)