Pemprov DKI Minta Proyek Galian di Ruas Jalan Protokol Disetop Jelang KTT ASEAN 2023

Jalan protokol yang dimaksud Hari merupakan akses yang bakal dilewati para tamu negara dalam KTT ASEAN pada September mendatang. Seperti Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jalan Gatot Subroto maupun kawasan Bandara Halim Perdana Kusuma.

Pemprov DKI Minta Proyek Galian di Ruas Jalan Protokol Disetop Jelang KTT ASEAN 2023
Ilustrasi (Foto: Rengga Sencaya/detikcom)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta meminta agar kontraktor menghentikan sementara proyek galian di ruas jalan protokol Ibu Kota menjelang KTT ASEAN 2023. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan hal ini sesuai dengan arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Pak Pj Gubernur kemarin menyampaikan dalam rangka kita menyongsong ASEAN Summit di KTT ASEAN itu, untuk di bulan September, itu kalau mau gali-menggali itu mungkin bisa bulan-bulan ini sampai bulan depan lah, tapi nanti menuju ke bulan September itu tidak ada lagi yang namanya galian, di sepanjang jalan protokol Jakarta," kata Hari kepada wartawan, Rabu (25/1/2023).

BACA JUGA : Presiden Jokowi Bertolak ke Belgia untuk Hadiri KTT ASEAN-Uni...

Adapun, jalan protokol yang dimaksud Hari merupakan akses yang bakal dilewati para tamu negara dalam KTT ASEAN pada September mendatang. Seperti Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jalan Gatot Subroto maupun kawasan Bandara Halim Perdana Kusuma.

"Kalau di pinggir-pinggir, masih di timur pinggiran, monggo aja. tapi kalau protokol itu sudah kita larang," jelasnya, dilansir dari detik.com

Pemprov DKI lantas meminta agar kontraktor mengalihkan proyek galian di lokasi lainnya yang berada di luar jalan protokol Jakarta.

"Contohnya kan saya pancing tadi, di Jakarta Timur kan jalan Malahayati kan belum, nah di situ dulu kerjain. Target tetap jalan tapi yang di situ di-hold. nanti setelah ASEAN Summit selesai baru lancar," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, KTT ASEAN di Kamboja pada 13 November 2022, Indonesia mendapatkan mandat untuk memegang Keketuaan (Chairmanship) ASEAN 2023. Melaksanakan mandat tersebut, Indonesia mengusung tema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth' yang sekaligus juga meresonansi keberhasilan Presidensi G20 pada tahun 2022 lalu di Provinsi Bali.

BACA JUGA : Natasha Wilona Minta Venna Melinda untuk Tetap Semangat Usai Kasus KDRT

Pemprov DKI Jakarta telah melakukan sejumlah persiapan. Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi menyambangi venue KTT ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan

Dalam kunjungan tersebut, Heru bersama Retno berdiskusi mengenai kesiapan ruangan di gedung JCC untuk KTT Asean 2023. Selain itu, keduanya turut meninjau sejumlah ruangan yang berada di JCC, seperti Balai Pertemuan (Assembly Hall), Ruang Sidang (Plenary Hall), Ruang Cendrawasih, Ruang Pameran (Exhibition Hall), hingga ke kawasan parkiran. (ros)