PAN Gemakan Pasangan Ganjar-Ridwan Kamil

Nama Ganjar “Tugiman” Pranowo dan Ridwan Kamil mulai mencuat sebagai pasangan capres dan cawapres Elit PAN, sekaligus Wali Kota Bogor, Bima Arya 'mencomblangkan' Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK)

PAN Gemakan Pasangan Ganjar-Ridwan Kamil
Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo. (Foto: detikcom)

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Nama Ganjar “Tugiman” Pranowo dan Ridwan Kamil mulai mencuat sebagai pasangan capres dan cawapres Elit PAN, sekaligus Wali Kota Bogor, Bima Arya 'mencomblangkan' Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) agar maju berpasangan ke Pilpres 2024. Perjodohan itu pun mendapat beragam reaksi.

Dilansir dari detikcom, Bima Arya membandingkan dua tokoh itu dalam latar belakang yang berbeda. Tapi keduanya dinilai bisa saling melengkapi.

 

"Mas Ridwan Kamil keluarganya pesantren dekat dengan pondok pesantren. Mas Ganjar aktivis nasionalis, beda tapi saling melengkapi. Bener nggak?" kata Bima Arya, saat berpidato di acara Y20 di Pura Mangkunegaran Solo, Sabtu (29/10).

 

 

Selain itu, Bima Arya juga menyebutkan bahwa keduanya berasal dari etnis yang mempunyai banyak massa, misalnya Ganjar yang berasal dari etnis Jawa dan Ridwan Kamil yang berasal dari etnis Sunda.

 

 

"Mas Ganjar berasal dari etnis Jawa yang paling banyak, Kang Emil etnis Sunda. Beda tapi saling melengkapi. Saya tidak mau berkomentar panjang tapi mari kita titipkan dua hal nanti," ujarnya sambil memberikan kode disambut tepuk tangan hadirin yang datang di Pura Mangkunegaran.

 

 

Lalu, Bima bertanya kepada dua sosok kepala daerah tersebut mau menjadi calon presiden dan wakil presiden 2024.

 

"Terakhir pertanyaan-pertanyaan sederhana dan simple, untuk Mas Ganjar siap nggak berpasangan dengan Kang Ridwan, untuk Kang Emil siap nggak berpasangan dengan Mas Ganjar? Untuk Mas Gibran siap nggak mendukung mereka berdua?" pungkasnya.

 

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) menanggapi pernyataan Bima Arya itu. Zulkifli menyebut, kedua layak jadi capres dan cawapres karena keberhasilannya menjadi gubernur.

 

"Jadi gini, itu yang Bima Arya ngomong kan. Jadi apakah Pak Ganjar, apakah Kang RK, Ridwan Kamil, itu orang-orang hebat yang sudah terbukti. Jadi mereka mau nyapres, mau wapres itu bukan layak, (tapi) sangat layak. Nanti dilihat perkembangannya," kata Zulkifli usai menghadiri pembukaan Rakernas Gabungan Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (Gakoptimdo) di Bogor, Minggu (30/10/2022).

 

 

Zulkifli mengatakan, Ganjar dan Ridwan Kamil layak menjadi Capres dan Cawapres karena berhasil menjadi Gubernur Jawa Tengah dan Jawa Barat yang memiliki wilayah luas.

 

"Sangat layak (jadi Capres-Cawapres), karena sudah berhasil sebagai gubernur, Jawa Tengah yang besar, Jawa Barat sangat besar, pantas sangat pantas, layak sangat layak," kata Zulkifli.(*)