Mojokerto Atasi Langganan Banjir Luapan Kali Lamong, Tanggul Darurat Dibangun

Luberan Kali Lamong memicu banjir pada awal tahun 2022 lalu. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan luberan air sungai melewati tanggul setinggi 30 cm hingga membanjiri permukiman penduduk.

Mojokerto Atasi Langganan Banjir Luapan Kali Lamong,  Tanggul Darurat Dibangun
Tanggul Darurat Dibangun Mokokerto Atasi Langganan Banjir

NUSADAILY.COM – MOJOKERTO - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Mojokerto meninggikan tanggul darurat di daerah langganan banjir tahunan. Yakni di Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto.

Luberan Kali Lamong memicu banjir pada awal tahun 2022 lalu. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan luberan air sungai melewati tanggul setinggi 30 cm hingga membanjiri permukiman penduduk.

BACA JUGA : Mojokerto Banjir Akibat Penyempitan Sungai Irigasi di Trowulan...

Ketinggian banjir kurang lebih setinggi pinggang orang dewasa. Anggaran perbaikan tanggul darurat bersumber dari Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun 2022. Tanggul darurat ini dengan panjang 400 meter hingga menyesuaikan elevasi di lapangan.

Sedangkan ketinggian awal sekitar 3 meter ditambah 80 cm. Sementara total anggaran P-APBD untuk operasional pemeliharaan dan perbaikan di seluruh wilayah Kabupaten Mojokerto sekitar Rp500 juta.

BACA JUGA : Bupati Mojokerto Buka Pelatihan Pola Kemitraan Petani Tembakau

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Djoko Supangkat mengatakan, rehabilitasi tanggul darurat di Desa Banyulegi diperlukan karena berpotensi memicu banjir saat Kali Lamong meluap.

“Kejadian banjir awal tahun ini karena luapan Kali Lamong sudah melewati tanggul darurat jadi bukan jebol sehingga membanjiri permukiman warga di Dusun Balong Desa Banyulegi,” ungkapnya, Jumat (2/12/2022).

Masih kata Djoko, apalagi tanggul darurat tidak ditinggikan maka luapan Kali Lamong berpotensi meluber ke permukiman. Curah hujan yang tinggi berpotensi menyebabkan banjir langganan di Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong tersebut.

“Posisinya sekarang Gresik (Tanggul) itu sudah tinggi kalau hujan deras dan Kali Lamong meluap otomatis meluap ke arah Mojokerto membanjiri Dusun Balong, Desa Banyulegi,” tutupnya.(ris)