Masjid Terbakar, Seluruh Kegiatan Ibadah Dipindah ke Convention Hall JIC

Pengurus Jakarta Islamic Center (JIC) memastikan kegiatan ibadah masih bisa dilaksanakan di JIC setelah Masjid JIC kebakaran. Namun, saat ini kegiatan ibadah salat jemaah itu dipindah ke Convention Hall JIC.

Masjid Terbakar, Seluruh Kegiatan Ibadah Dipindah ke Convention Hall JIC
Masjid JIC.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Pengurus Jakarta Islamic Center (JIC) memastikan kegiatan ibadah masih bisa dilaksanakan di JIC setelah Masjid JIC kebakaran. Namun, saat ini kegiatan ibadah salat jemaah itu dipindah ke Convention Hall JIC.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Sekretariat JIC, Zulkifli Said, Jumat (21/10/2022). Zulkifli awalnya mengatakan kegiatan keagamaan masih bisa dilaksanakan di JIC.

"Kami dari Sekretariat Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta ingin menginformasikan kepada seluruh umat Islam bahwa kegiatan-kegiatan keagamaan yang selama ini dilaksanakan oleh masyarakat umum di JIC tetap dapat dilaksanakan sebagaimana biasanya, dan kami telah memfasilitasi semua kegiatan-kegiatan itu untuk dilaksanakan di tempat seperti biasa," kata Zulkifli.

BACA JUGA : Usut Penyebab Kebakaran, Polisi Periksa 2 Mandor Renovasi Masjid JIC

Kemudian, Zulkifli mengatakan salat jemaah juga masih bisa dilaksanakan di JIC. Namun, tempatnya bukan di masjid melainkan di Convention Hall.

"Hanya satu yang berbeda, biasanya tempat salat berjamaah yang sebelumnya kita lakukan di masjid kami pindahkan ke convention hall, sementara kegiatan-kegiatan umat lainnya, kegiatan sosial lainnya tetap dilaksanakan di tempat masing-masing," ucap Zulkifli.

Sebelumnya, pihak JIC memutuskan untuk menutup sementara Masjid JIC. Hal ini dikarenakan kubah masjid JIC terbakar.

Adapun peristiwa kebakaran kubah masjid terjadi pada Rabu (19/10). Kejadian itu terjadi usai pelaksanaan salat ashar.

BACA JUGA : Kronologi Kebakaran Masjid Islamic Center Jakarta hingga Robohnya Kubah

"Jadi kejadian kemarin ya hari Rabu tanggal 19 Oktober pukul 15.20 WIB kira-kira usai pelaksanaan salat ashar," ujar Kepala Masjid Jakarta Islamic Center (JIC) Muhammad Subki di lokasi, Kamis (20/10).

Dia mengatakan ruang ibadah utama ini sudah satu bulan tidak digunakan. Dikarenakan memang tengah direnovasi.

"Untuk kegiatan ibadah kita sudah evakuasi ke lantai dasar di bawah lantai utama," ucap Subki.

"Jadi kejadiannya berawal dari kubah ya, terkait kekeliruannya apa saya juga belum tau pasti kemudian ada api itu mulai dari daerah atap, daerah kubah. Karena angin juga cukup besar di sini mungkin cepat juga merambatnya," sambungnya.(lal)