Kereta Panoramic Disetop Sementara per 9 Januari, Kapan Beroperasi Lagi?

Kereta Panoramic disetop sementara mulai hari ini (9/1) untuk dievaluasi. Kereta yang sempat viral belakangan ini disetop sementara usai beroperasi dari 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Kereta Panoramic Disetop Sementara per 9 Januari, Kapan Beroperasi Lagi?
Ilustrasi kereta panoramic (dok. KAI)

NUSADAILY.COM - JAKARTA - Kereta Panoramic disetop sementara mulai hari ini (9/1) untuk dievaluasi. Kereta yang sempat viral belakangan ini disetop sementara usai beroperasi dari 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Humas PT Kereta Api Pariwisata, M Ilud Siregar menjelaskan, Kereta Panoramic beroperasi pada 24 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023 dalam rangka soft launching. Selain itu, kereta ini dioperasikan dalam rangka mendukung angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Jadi sampai 8 Januari, nanti akan dilanjutkan hasil evaluasi-evaluasi tetap terhadap perjalanan kereta api Panoramic-nya," katanya kepada detikcom, Minggu (8/1/2023) kemarin.

Ilud mengatakan, setelah beroperasi Kereta Panoramic akan dievaluasi. Evaluasi ini menyangkut peningkatan layanan kepada penumpang.

"Evaluasi terkait untuk upaya meningkatkan pelayanan-pelayanan kepada penumpang kita, dari inovasi-inovasi yang kita berikan," katanya.

Evaluasi juga dilakukan jika ada keluhan dari penumpang. Ia pun mencontohkan, salah satu evaluasi yang telah dilakukan terkait dengan barang bawaan penumpang atau bagasi.

Pihaknya telah memberikan identitas pada barang penumpang sehingga barang tidak tertukar. Barang bawaan tersebut dijadikan satu sebagaimana pada layanan transportasi pesawat.

Dia mengatakan, evaluasi lanjutan akan dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap penumpang. "Nanti ada lanjutnya, ada evaluasi-evaluasi lagi dalam upaya meningkatkan pelayanannya," ujarnya.

Setelah dievaluasi, Kereta Panoramic akan dioperasikan kembali. Namun, belum diketahui kapan proses evaluasi ini rampung.

"Iya (operasi lagi), ini kan nanti proses evaluasi terhadap perjalanan kereta apinya. Selama nanti proses evaluasi tidak beroperasi, sampai nanti ada kabar selanjutnya," katanya.

Sebagai anak usaha PT KAI (Persero), PT Kereta Api Wisata dipercaya sebagai pengelola Kereta Panoramic. Nantinya, evaluasi akan dilakukan KAI dan Kereta Api Wisata dalam rangka upaya meningkatkan pelayanan, termasuk perbaikan jika ada keluhan.

"Kita anak perusahaan yang diberikan kepercayaan untuk kepengelolaannya. Nanti ada proses evaluasi dari PT KAI (Persero) dan PT Kereta Api Pariwisata, dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kalau ada keluhan ataupun masukan-masukan, upaya kita juga untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kita," paparnya.

Kembali, Ilud belum bisa memastikan kapan evaluasi ramung. Namun, ia akan memberikan informasi jika Kereta Panoramic dioperasikan kembali.

"Nanti akan dikabari setelah proses (evaluasi). Pada saat nanti beroperasi selanjutnya akan dikabari," ujarnya.(eky)