BUMN China Peroleh Pendapatan hingga 4,5 Triliun Periode Januari-September

adan Usaha Milik Negara (BUMN) China memperoleh pertumbuhan pendapatan dan laba yang stabil pada sembilan bulan pertama tahun ini, kata regulator aset milik negara,

NUSADAILY.COM – BEIJING – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) China memperoleh pertumbuhan pendapatan dan laba yang stabil pada sembilan bulan pertama tahun ini, kata regulator aset milik negara, Selasa (25/10).

ilustrasi grafik naik ekonomi sumber istockphoto

Melansir Xinhua, BUMN pusat memperoleh pendapatan 29 triliun yuan (sekitar 4,05 triliun dolar AS) pada Januari-September. Naik sebesar 10,9 persen dari periode yang sama tahun lalu, kata Komisi Pengawasan dan Administrasi Aset Milik Negara Dewan Negara.

BACA JUGA : Perdangangan Luar Negeri China Naik 9,9 Persen Periode...

Total keuntungan BUMN pusat mencapai 2,1 triliun yuan selama periode tersebut, naik sebesar 5,7 persen YoY.

Margin laba usaha BUMN pusat pada sembilan bulan pertama sebesar 7,2 persen, tetap pada level yang relatif tinggi, menurut komisi.

BACA JUGA : Industri Otomotif China Tumbuh Pesat Guna Stabilkan Ekonomi dan Tingkatkan Konsumsi

Selama tiga kuartal pertama, investasi riset dan pengembangan (litbang) BUMN pusat meningkat sebanyak 17,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu.

Solvabilitas BUMN pusat secara keseluruhan tetap stabil. Hingga akhir September, rasio utang terhadap aset rata-rata BUMN pusat mencapai 64,8 persen, turun 0,2 poin persentase dari akhir Agustus, berdasarkan data Selasa (25/10). (mdr1/lal)