Wali Kota Pasuruan Kukuhkan Pengurus OPOP (One Pesantren One Produk) Masa Bhakti 2023 - 2026

Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengukuhkan Tim Penguatan dan Pengembangan Program OPOP Kota Pasuruan masa bhakti tahun 2023 -2026 berlokasi Pendopo Surga Surgi dilingkungan Rumah Dinas Walikota Kota Pasuruan. Rabu (29/11/2023)

Wali Kota Pasuruan Kukuhkan Pengurus OPOP (One Pesantren One Produk) Masa Bhakti 2023 - 2026

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengukuhkan Tim Penguatan dan Pengembangan Program OPOP Kota Pasuruan masa bhakti tahun 2023 -2026 berlokasi Pendopo Surga Surgi dilingkungan Rumah Dinas Walikota Kota Pasuruan. Rabu (29/11/2023)

Dalam sambutannya Gus Ipul menyampaikan bahwa OPOP ini sebagai kesempatan Kota Pasuruan untuk memotivasi pesantren untuk mengikuti program yang strategis untuk lebih aktif terlibat dalam mengikuti pengembangan kegiatan ekonomi.

"Pesantren itu harus kramat, sekarang pesantren harus melek teknologi melek ekonomi, jangan sampai kramatnya hilang jadi urusan agamanya harus tetap ada dalam rangka urusan dakwah maka kita perlu sumber daya yang lain yang mendukung ekonomi," ujarnya

Gubernur Jawa Timur mempunyai strategi agar pemerintah ikut dalam mengembangkan ekonomi pesantren.

"Pemerintah provinsi yang secara nyata ikut menyusun program sekaligus intervensi dalam rangka mengembangkan ekonomi pesantren," imbuhnya

Ia mengatakan beberapa lalu PBNU bekerjasama dengan Shoope memdorong santri santri bisa eksport dengan cara mudah.

"Ajakan pelatihan santri siap eksport dalam kesempatan ada 1.000 santri untuk mengikuti santri siap eksport dengan produk yang memenuhi syarat untuk eksport,"katanya

Menurutnya tidak semua usaha rintisan 100 persen berhasil, hanya kira kira yang berhasil 10 persen dari angka 100 persen.

"Kalau ada usaha rintisian sukses 10 saja itu sudah luar biasa jadi OPOP ini perlu bekerja keras dengan program yang ada ini bila ada 10 sd 20 persen yang sukses itu luar biasa untuk program ini memang melatih orang orang yang sudah berproduksi," ujarnya

Ia berharap pengurus yang baru ini rapat susun program ditahun 2024 untuk memulai hal hal yang bisa dilakukan ditahun 2024.

"Saya bahagia karena OPOP ini telah dilantik dan pengurus bisa langsung bekerja," harapnya

Hadir dalam kegiatan Wali Kota Pasuruan, Wakil Wali Kota Pasuruan, Seketaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua Harian OPOP, Seketaris OPOP Dinas Jatim , dan diikuti petugas yang dilantik. (rmd)