Tambang Batu Bara Turki Meledak, Puluhan Pekerja Dilaporkan Tewas - Terjebak di Bawah Tanah

Sedikitnya 25 orang tewas dalam ledakan besar di sebuah tambang batu bara di Turki utara. Hal ini telah di konfirmasi oleh kantor gubernur provinsi Laut Hitam Bartin. Enam penambang yang terluka dikirim ke Istanbul untuk perawatan.

Tambang Batu Bara Turki Meledak, Puluhan Pekerja Dilaporkan Tewas - Terjebak di Bawah Tanah
Penambang membawa tubuh korban setelah ledakan di tambang. © Nilay Meryem Comlek/Depo Photos/AP/dpa

NUSADAILY.COM – ISTANBUL - Sedikitnya 25 orang tewas dalam ledakan besar di sebuah tambang batu bara di Turki utara. Hal ini telah di konfirmasi oleh kantor gubernur provinsi Laut Hitam Bartin. Enam penambang yang terluka dikirim ke Istanbul untuk perawatan.

Melansir dari Merkur.de, puluhan penambang lainnya diyakini terperangkap di bawah tanah di tambang di distrik Laut Hitam Amasra. Media lokal melaporkan bahwa gas tambang kemungkinan meledak sekitar 300 meter di bawah permukaan bumi. Sekitar 150 orang terlibat dalam operasi pencarian dan penyelamatan.

Baca Juga : Kebakaran Bus di Pakistan, 17 Orang Tewas

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca sebelumnya menyebutkan 22 orang tewas dan 17 terluka, delapan di antaranya dalam kondisi kritis. Tambang itu berjarak sekitar 300 kilometer timur laut ibu kota Ankara.

Menurut Menteri Dalam Negeri Turki Süleyman Soylu, 110 pekerja berada di tambang pada saat kecelakaan, 49 di antaranya berada di bagian yang lebih rentan. Menurut kantor gubernur, 36 penambang dibawa ke tempat yang aman dari lokasi kecelakaan.

Presiden Recep Tayyip Erdogan mengatakan di Twitter bahwa dia akan mengunjungi lokasi kecelakaan pada hari Sabtu untuk "mengkoordinasikan" upaya penyelamatan. Investigasi atas insiden tersebut telah diluncurkan. 

Baca Juga : Kabupaten Malang Hanya Dijatah Satu KK Berangkat Transmigrasi

Partai oposisi utama, CHP sosial-demokrat, mengatakan pihak berwenang telah mengabaikan laporan 2019 oleh Pengadilan Auditor yang memperingatkan risiko ledakan gas tambang di tambang. (jrm2/lna)