Administrasi Penerbangan Sipil China Keluarkan Lisensi Produksi C919 ke COMAC

Pada 29 November, Administrasi Penerbangan Sipil China mengeluarkan lisensi produksi untuk pesawat penumpang besar C919 ke COMAC.

Administrasi Penerbangan Sipil China Keluarkan Lisensi Produksi C919 ke COMAC
penyerahan lisensi (sumber: Tencent News)

NUSADAILY.COM - BEIJING - Pada 29 November, Administrasi Penerbangan Sipil China mengeluarkan lisensi produksi untuk pesawat penumpang besar C919 ke COMAC.

Memperoleh lisensi produksi merupakan tonggak penting bagi pesawat penumpang besar C919 mulai dari tahap desain dan pengembangan hingga tahap produksi massal, dan menandai langkah yang solid menuju industrialisasi pesawat penumpang besar C919.

Sertifikat produksi adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh otoritas kelaikudaraan untuk produsen pesawat terbang yang memungkinkan produksi lanjutan pesawat di bawah sistem kontrol kualitas yang disetujui. 

BACA JUGA : Lebih Pilih Pakai Camry, PM Malaysia Batalkan Pesanan Mobil...

Lisensi produksi mencerminkan tingkat organisasi dan kontrol produksi, manajemen kualitas dan manajemen komprehensif dari perusahaan manufaktur penerbangan. Dari kontrol bahan baku, manajemen pemasok hingga divisi dan kontrol jalur produksi, kontrol kualitas produksi, dan kemudian pengujian pabrik pesawat terbang, pemeliharaan purna jual, dll., setiap detail harus memiliki aturan untuk diikuti dan bukti untuk diperiksa dengan ketat. Mengatur setiap tautan produksi sesuai dengan prosedur untuk memastikan keamanan dan kontrol.

Pidato oleh Shu Mingjiang

Pidato oleh He Dongfeng

Pidato oleh Shu Mingjiang

Pidato oleh Tian Yulong

Melansir Tencent News, pada 1 April 2019, Administrasi Penerbangan Sipil Regional China Timur secara resmi menerima permohonan lisensi produksi pesawat C919 yang diajukan oleh COMAC. Pada Juli 2019, komite persetujuan lisensi produksi pesawat C919 mengadakan pertemuan pertamanya, dan pekerjaan peninjauan secara resmi dimulai. 

Selama tiga tahun terakhir, tim peninjau lisensi produksi pesawat C919 telah melakukan tinjauan dokumen dan tinjauan di tempat, dan melakukan inspeksi pada manajemen organisasi, kontrol data desain, kemampuan dan kualifikasi personel, manajemen pemasok, kontrol proses manufaktur, sistem 19 unsur-unsur yang diatur dalam peraturan dan prosedur seperti inspeksi dan pengujian telah ditinjau secara ketat.

Pada saat yang sama, tinjauan produk telah dilakukan bersamaan dengan kegiatan produksi sesi pertama pesawat yang diproduksi untuk memverifikasi prosedur sistem. Saat ini, pesawat pertama telah menyelesaikan penerbangan uji produksi dan memenuhi persyaratan pengiriman.

BACA JUGA: Cuaca Kota Batu, Prakiraan Hujan Siang ini

Pada 27 November 2022, resolusi pertemuan komite persetujuan lisensi produksi akhir (PCB) pesawat C919 menunjukkan bahwa tim peninjau persetujuan lisensi produksi pesawat C919 telah mematuhi "Peraturan Sertifikasi Produk dan Komponen Penerbangan Sipil" atau (CCAR-21-R4 ) dan "Prosedur Persetujuan dan Pengawasan Produksi” atau (AP-21-AA-2022-31R1).

Menyelesaikan semua pekerjaan peninjauan pada sistem mutu COMAC, memastikan bahwa sistem mutu COMAC memenuhi persyaratan CCAR-21-R4, dan menyetujui untuk tinjauan saran kelompok untuk menerbitkan lisensi produksi pesawat C919 ke COMAC.(mdr2/lal)