Lebih Pilih Pakai Camry, PM Malaysia Batalkan Pesanan Mobil Dinas Mercy S600

Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim menolak menggunakan mobil mewah Mercedes-Benz S 600 sebagai mobil dinas. Saat kerja, Anwar Ibrahim lebih memilih menggunakan mobil yang ada saja.

Lebih Pilih Pakai Camry, PM Malaysia Batalkan Pesanan Mobil Dinas Mercy S600
Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim (Foto: Departemen Penerangan Malaysia/Wazari Wazir/Reuters)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim menolak menggunakan mobil mewah Mercedes-Benz S 600 sebagai mobil dinas. Saat kerja, Anwar Ibrahim lebih memilih menggunakan mobil yang ada saja.

PM Malaysia yang baru dilantik itu berhasil membatalkan pesanan Mercedes-Benz S 600 terbaru. Diakuinya, mobil mewah Mercy S-Class itu dipesan sebelum Anwar Ibrahim menjadi PM Malaysia.

Saat kerja kemarin, PM Anwar Ibrahim dilaporkan menggunakan mobil Toyota Camry. Dia mengaku akan menggunakan mobil apa saja yang sudah tersedia, salah satunya Toyota Camry. Kemarin, dia menggunakan Toyota Camry hitam dengan pelat nomor WRN 222.

"Mercedes tidak datang. Saya pakai ini (Toyota Camry), tidak apa-apa kan? Mobil apa saja yang tersedia," ujarnya seperti dikutip New Strait Times.

Diberitakan media Malaysia Free Malaysia Today, Anwar Ibrahim dalam akun Facebook pribadinya menyebutkan bahwa ia menolak kehadiran mobil baru untuk digunakan sebagai kendaraan dinas. Keputusan itu, kata Anwar, dibuat agar tidak ada anggaran baru yang harus dikeluarkan, apalagi untuk mobil dinas.

BACA JUGA: PM Malaysia Anwar Ibrahim Akan Rampingkan Kabinet, Kini Tak Ada Penunjukan Menteri Sebagai Penghargaan


"Saya ingin memberitahukan kalau kemarin saya menolak untuk menggunakan Mercedes S 600 yang dibeli dan diperoleh oleh Departemen sebelum saya menjabat," tulis Anwar.

Kini, dia mengaku telah membatalkan pemesanan Mercedes-Benz S 600 yang sebelumnya diorder PM sebelumnya.

"Sebenarnya Mercedes Benz itu dipesan oleh mantan perdana menteri. Ketika saya cek, ternyata pesanan bisa dibatalkan dan kami berhasil melakukannya," ujarnya.

Sebenarnya, Mercedes-Benz S 600 merupakan mobil yang biasanya dipakai petinggi negara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) merupakan salah satunya. Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S 600 Guard yang sudah dibekali pelapis antipeluru sebagai kendaraan dinasnya.(eky)