Tim SAR Sorong Berhasil Evakuasi 4 Korban Kapal Tenggelam

Tim SAR Sorong berhasil menyelamatkan empat orang awak kapal setelah Kapal Anugerah 13 mengalami musibah dan tenggelam di wilayah perairan Ram, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat Daya, Sabtu (8/4/2023).

Tim SAR Sorong Berhasil Evakuasi 4 Korban Kapal Tenggelam
Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

NUSADAILY.COM - SORONG - Tim SAR Sorong berhasil menyelamatkan empat orang awak kapal setelah Kapal Anugerah 13 mengalami musibah dan tenggelam di wilayah perairan Ram, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat Daya, Sabtu (8/4/2023).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong Amuriddin AS, menjelaskan bahwa kapal itu tenggelam diduga terjadi karena kebocoran, kemudian mesin tiba-tiba mati.

"Beruntung empat orang penumpang semua berhasil ditemukan dalam keadaan selamat oleh tim SAR gabungan di arah timur dari pulau Ram pada Koordinat 0° 39′ 069,8″ S – 131° 22′ 287 E,” jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Sorong Amuriddin AS dikutip dari Antara.

Amuriddin mengakui bahwa kondisi keempat korban itu selamat dan sehat setelah ditemukan, untuk selanjutnya para korban tersebut akan dievakuasi ke RBB milik SAR Sorong.

"Pada saat dilakukan operasi SAR, kecepatan angin 3 sampai 15 knot dari barat daya ke barat laut dengan tinggi gelombang 0,5 meter sampai 1,25 meter,” kata dia.

Nama-nama korban yang berhasil diselamatkan adalah Asrul (pemilik), Nasrullah (capt), Muhammad (ABK) dan Dwi Susanto (ABK).

Disebutkan, unsur yang terlibat dalam operasi SAR yaitu Rescuer KPP Sorong lima orang, ABK RB 221 tujuh orang, nelayan setempat, crew RBB dan Pol Air Polda Papua Barat. Sementara alutsista dan palsar yang digunakan yakni RB 221, mobil dmax double cabin, palsar evakuasi, palsar medis, palkom dan RBB.

(roi)