Peredaran Narkoba di Panai Hulu Marak, Keresahan Warga Sudah Diambang Batas

Peredaran narkoba jenis sabu-sabu sudah sangat marak di Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara.

Peredaran Narkoba di Panai Hulu Marak, Keresahan Warga Sudah Diambang Batas

NUSADAILY.COM - LABUHANBATU - Peredaran narkoba jenis sabu-sabu sudah sangat marak di Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara. 

Informasi yang dihimpun awak media ini dari beberapa sumber, 7 desa yang ada di Kecamatan Panai Hulu yaitu, Desa Tanjung Sarang Elang, Desa Sei Jawi - Jawi, Desa Cinta Makmur, Desa Sei Sentosa, Desa Teluk Sentosa, Desa Perkebunan Ajamu dan Desa Meranti Paham, peredaran narkoba sudah sangat marak dan sudah begitu meresahkan masyarakat. 

Menurut tokoh pemuda Desa Cinta Makmur Suheri SAS, peredaran narkoba jenis sabu-sabu di desanya cukup vulgar seolah para pelakunya kebal hukum. 

"Yang datang belanja sabu - sabu ke Desa Cinta Makmur bukan hanya warga Panai Hulu, tetapi juga warga dari luar kecamatan Panai Hulu. Macam grosirlah Mas," kata Suheri. Rabu (14/06/2023) via seluler.(jok)

Suheri berharap, Kapolsek Panai Tengah yang baru Iptu Hasiholan Naibaho SH, dapat lebih serius melakukan pemberantasan narkoba di wilayah hukumnya. 

Kepala Desa Cinta Makmur Ego Wiharno, dikonfirmasi awak media ini via seluler membenarkan maraknya peredaran narkoba di desa yang ia pimpin. 

"Dah ampunlah Mas, parah kali sudah peredaran narkoba di tempat kami, gak tahu lagi gimana cara berantasnya. Sosialisasi sudah dilakukan, tetapi tidak kurangnya malah makin parah,"ucap Ego yang mengaku sedang berada di Padang - Sumatera Barat. 

Sebelumnya, Kepala Desa Meranti Paham Suhadi, saat bincang - bincang dengan awak media ini di kantornya beberapa hari lalu juga melontarkan hal yang senada. 

"Gawatlah Mas, gara - gara maraknya peredaran narkoba pencurian pun meningkat di desa kami, saya saja juga jadi korban pencurian," ungkap Suhadi. 

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Investigasi Tim Investigasi Penyelamatan Asset Negara - Republik Indonesia ( TIPAN - RI) Labuhanbatu Darmanto, meminta tim Satres Narkoba Polres Labuhanbatu dan Reskrim Polsek Panai Tengah memberikan atensi cepat atas keresahan masyarakat. 

"Polsek Panai Tengah dan Satres Narkoba Polres Labuhanbatu harus tanggap dan responsif. Imej negatif terhadap aparat kepolisian soal peredaran narkoba sudah cukup tinggi,"ujar Darmanto. 

Dikatakannya, maraknya peredaran narkoba dan terkesan sulit diberantas, membangun opini negatif di masyarakat tentang dugaan adanya keterlibatan oknum aparat kepolisian yang bekerja sama melaksanakan peredaran maupun membekingi para bandar. 

"Hal itu tidak bisa dibantah, berapa oknum polisi yang kena pecat karena kasus narkoba, bukan hanya kelas bintara, kelas perwira tinggi hingga kelas jenderal pun ada. Kalau imej negatif itu mau hilang, Polsek Panai Tengah harus lebih agresif memberantas narkoba di wilayah hukumnya," tegas Darmanto. 

Kapolsek Panai Tengah Iptu Hasiholan Naibaho SH, dikonfirmasi awak media ini via WhatsApp Messenger App tentang maraknya peredaran narkoba di Desa Cinta Makmur, mengaku akan menindaklanjutinya. 

"Baik pak , akan kita tindak lanjuti ya pak sesuai info bapak,"balas WhatsApp Messenger App AKP H Naibaho. (jok)