Lihat Program Naturalisasi Indonesia Sukses, Suporter Malaysia Desak FAM Ikuti Jejak PSSI

Langkah PSSI dengan menaturalisasi sejumlah pemain keturunan, yang bermain di klub luar negeri untuk bergabung  di Timnas Indonesia sepertinya bakal ditiru Malaysia..

Lihat Program Naturalisasi Indonesia Sukses, Suporter Malaysia Desak FAM Ikuti Jejak PSSI

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Langkah PSSI dengan menaturalisasi sejumlah pemain keturunan, yang bermain di klub luar negeri untuk bergabung  di Timnas Indonesia sepertinya bakal ditiru Malaysia..

 

Hal ini terungkap setelah para pecinta sepakbola negeri Jiran itu mendesak, otoritas sepakbola setempat untuk menaturalisasi pemain keturunan  yang saat ini bermain di Liga Belanda.

 

Pemain tersebut adalah  Ferdy Druijf  yang saat ini berusia 25 tahun dan  tengah membela klub PEC  Zwolle  Belanda. Dilansir New Straits Times  melaui medcom.id. Ferdy Druijf merupakan pemain keturunan berdarah Malaysia dari sang ibu yang kini menetap di negeri kincir angin itu.

 

Menurut para suporter Malaysia, jika pemain tersebut telah memenuhi syarat untuk di naturalisasi. Sehingga akan dapat bergabung dengan tim yang berjuluk Harimau Malaya 

 

Tidak hanya mendesak Federasi sepakbola Malaysia ( FAM), para Fans pasukan Harimau Malaya itu membanjiri kolom komentar akun Instragram pribadi Ferdy Druijf. Beramai-ramai mereka meminta Ferdy untuk bergabung dalam Timnas Malaysia.

 

"Ferdy mainlah untuk Negara Mak kamu, Ferdy sarung jersey Malaysia jom jangan ingkar kata2 Mak kamu Ferdy, You 'll Love You Malaysia" tulis salah seorang suporter Malaysia berakun @Shahdidnt*** dikutip Kamis (8/2/2023)

 

Desakan ini pastinya  para pecinta sepakbola Malaysia melihat program naturalisasi yang dilakukan Indoensia cukup berhasil. Dengan dibuktikan lolosnya Tim Merah Putih itu ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar.

 

Seperti Indonesia, PSSI telah menaturalisasi tujuh pemain keturunan yang bermain di luar negeri. Kesemuanya telah bergabung dan bermain di pentas Piala Asia 2023 serta berhasil mencetak sejarah meloloskan Indonesia ke babak 16 besar.

 

Ketujuh pemain naturalisasi itu adalah  Elkan Baggott, Jordy Amat, Sandy Walss, Shayne Pattinama, Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. (sir)