Di Sumba Kabupaten  Sumba Timur Perlu Dibangun Laboratorium Standar Bibit

Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu, S.T.  ditemani oleh Pimpinan Dinas Pertanian hadiri acara Bimtek Perbenihan Tanaman Pangan Padi  Terstandar di daerah Sumba Kabupaten Sumba Timur bertampat di aula Hotel Padadita, (04/13/2023).

 Di Sumba Kabupaten  Sumba Timur Perlu Dibangun Laboratorium Standar Bibit

NUSADAILY.COM - WAINGAPU - Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu, S.T.  ditemani oleh Pimpinan Dinas Pertanian hadiri acara Bimtek Perbenihan Tanaman Pangan Padi  Terstandar di daerah Sumba Kabupaten Sumba Timur bertampat di aula Hotel Padadita, (04/13/2023).

 Bimtek ini dilaksanakan oleh Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian bersama Anggota komisi IV DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si. (via zoom) bersama para petani penyedia bibit di Kabupaten Sumba Timur.

 

Diwawacari media, David mengatakan petani sedang persiapan memasuki masa musim tanam. Di saat yang sama juga sedang mengalami kekurangan pangan, dalam menghadapi persoalan tersebut pemerintah harus memastikan agar ketersediaan pangan Sumba Timur berada pada kondisi yang aman. Untuk itu pagi tadi, saya membuka kegiatan bimtek Perbenihan tanamam pangan padi terstandar di daerah sumba kabupaten sumba timur kerja sama antara Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian bersama Anggota komisi IV DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan Bapak Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si,” katanya.

 

Saat ini NTT memiliki 185.737,54 hektare luas lahan usaha tani padi (data BPS),  sedangkan untuk daratan Sumba Kabupaten Sumba Timur memiliki 14.685,08 hektare luasan lahan usaha tani padi (data BPS).

 

David juga  berharap dengan adanya bimtek ini menjadi salah satu media layanan sebagai bagian dari upaya kita menaikan produksi beras di setiap hektare lahan petani sehingga dapat menyediakan bibit juga.

 

Pada kesempatan Bimtek ini dia menitipkan pesan kapada Yohanis Fransiskus Lema agar ke depannya di Kabupaten Sumba Timur dapat dibangun laboratorium Balai Standar Label. Sehingga pemerintah dapat melindungi dan menjamin mutu produk yang beredar di Sumba Timur.

Di akhir ia menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada  Anggota komisi IV DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si. yang selama ini telah memberikan banyak kontribusi sekaligus sebagai penyambung lidah petani dan peternak Sumba Timur di Senayan. Sekali lagi saya menitipkan pesan agar laboratorium benih dapat dibangun di Sumba Timur,”  tutup David (fyl).