Soal Elite Golkar Ikut Apel Siaga NasDem di GBK, Begini Kata Airlangga

"Jadi itu biasa saja karena Bang Surya alumni Golkar, pak Prabowo alumni Golkar," kata Airlangga di kawasan Jakarta Pusat, Senin (17/7).

Soal Elite Golkar Ikut Apel Siaga NasDem di GBK, Begini Kata Airlangga

NUSADAILY.COM – JAKARTA – Airlangga Hartarto, Ketua umum Partai Golkar memberi penjelasan terkait kehadiran sejumlah petinggi partainya dalam acara Apel Siaga Perubahan yang digelar Partai NasDem di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Minggu (16/7).

Airlangga menganggap biasa kedatangan elite Golkar ke acara NasDem. Ia menyebut Ketua Umum NasDem Surya Paloh merupakan mantan kader partai beringin.

Beberapa petinggi Golkar yang hadir di acara NasDem yakni Ketua DPP Golkar Christina Aryani, Rizal Mallarangeng, dan Supriansa.

"Jadi itu biasa saja karena Bang Surya alumni Golkar, pak Prabowo alumni Golkar," kata Airlangga di kawasan Jakarta Pusat, Senin (17/7).

Saat ditanya apakah kedatangan petinggi Golkar itu sinyal untuk berkoalisi dengan NasDem, Airlangga tak menjawab secara tegas.

Airlangga juga tak secara gamblang memberi tahu Golkar saat ini akan merapat ke gerbong mana.

Namun demikian, Airlangga membandingkan kedekatan dirinya dengan Surya Paloh, Prabowo Subianto, dan capres usungan PDIP Ganjar Pranowo.

Airlangga mengungkapkan kedekatan dirimya dengan Surya Paloh dan Prabowo karena keduanya sempat di Golkar. Sementara dengan Ganjar, ia sama-sama alumni Universitas Gajah Mada (UGM).

"Kalau ini [Ganjar] teman dari dulu, karena dekat sinyalnya tinggi, kalau jauh sinyalnya roaming," ujarnya.

Sementara itu, Ganjar juga mengatakan dia sudah berkomunikasi sejak lama dengan Airlangga. Sebagai alumni UGM, Ganjar merupakan ketua keluarga alumni UGM (Kagama) dan Airlangga anggota.

"Kalau saya ke beliau hari ini ke Menko ya saya anak buahnya Airlangga. Tapi kalau di UGM beliau anak buah saya karena ketua alumninya saya," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Christina Aryani, Rizal Mallarangeng dan Supriansa, menghadiri acara Apel Siaga Perubahan yang digelar Partai NasDem di GBK, Senayan, Minggu (16/7).

Christina mengungkap alasan Golkar hadir dalam agenda tersebut sebagai bentuk penghargaan atas undangan yang dilayangkan Partai Nasdem.

Terlebih acara itu bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ke 72 tahun.

“Selain Ultah Bang Surya yang ke 72 tahun beliau juga sebelumnya berkiprah di Partai Golkar selama kurang lebih 42 tahun,” jelasnya.

Presiden Partai Keadilan Sosial (PKS) Ahmad Syaikhu berharap Partai Golkar bergabung ke Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bersama Partai Nasdem dan Partai Demokrat.(sir)