Pemimpin Myanmar Bertemu dengan Menteri Luar Negeri China di Naypyyidu

Menurut situs Kementerian Luar Negeri, pada 2 Mei 2023 waktu setempat, pemimpin Myanmar Min Aung Hlaing bertemu dengan Penasihat Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Qin Gang di Naypyyidu.

Pemimpin Myanmar Bertemu dengan Menteri Luar Negeri China di Naypyyidu
Pemimpin Myanmar Bertemu dengan Menteri Luar Negeri China di Naypyyidu

NUSADAILY.COM –BEIJING - Menurut situs Kementerian Luar Negeri, pada 2 Mei 2023 waktu setempat, pemimpin Myanmar Min Aung Hlaing bertemu dengan Penasihat Negara Tiongkok dan Menteri Luar Negeri Qin Gang di Naypyyidu.

Qin Gang mengatakan bahwa China dan Myanmar adalah saudara Pauk-Phaw yang berdekatan satu sama lain di pegunungan dan sungai. China selalu mementingkan perkembangan hubungan baik-tetangga dan persahabatan China-Myanmar, dan bersedia bekerja sama dengan Myanmar untuk mengimplementasikan hasil kunjungan bersejarah Presiden Xi Jinping ke Myanmar pada tahun 2020, bersama-sama membangun komunitas China-Myanmar dengan masa depan bersama, dan memimpin dalam mengimplementasikan inisiatif pembangunan global, inisiatif keamanan global, dan inisiatif peradaban global, untuk mempromosikan kemajuan yang stabil dari kerja sama strategis komprehensif China-Myanmar.

BACA JUGA : Warga Asal Myanmar Ditangkap Saat Hendak Bawa Kabur Pengungsi...

Qin Gang mengatakan bahwa China mendukung Myanmar dan Bangladesh dalam meningkatkan hubungan dan menyelesaikan masalah yang relevan melalui konsultasi, dan bersedia bekerja sama dengan kedua negara untuk memperluas kerja sama praktis China-Myanmar-Bangladesh.

Min Aung Hlaing mengatakan bahwa selama 70 tahun terakhir sejak terjalinnya hubungan diplomatik antara Myanmar dan Tiongkok, hubungan bilateral selalu menjaga momentum pembangunan dan mencapai hasil yang bermanfaat. Pihak Myanmar bersedia bekerja sama dengan pihak Tiongkok untuk lebih memperkuat kerja sama persahabatan Myanmar-Tiongkok dan secara aktif membangun komunitas Myanmar-Tiongkok dengan masa depan bersama.

Myanmar menghargai sikap objektif dan adil China dalam isu-isu terkait Myanmar dan menyambut China untuk memainkan peran yang lebih besar. Myanmar sangat mementingkan perlindungan keselamatan warga negara dan institusi Tiongkok di Myanmar, dan bersedia bekerja sama dengan Tiongkok untuk menjaga perdamaian di wilayah perbatasan kedua negara.

Selama kunjungannya ke Myanmar, Qin Gang juga bertemu dengan Than Shwe, mantan ketua Dewan Perdamaian dan Pembangunan Myanmar, dan mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Myanmar Than Sue. (Mdr1)