Kemenkes Bakal Tambah Faskes Rujukan Gagal Ginjal Akut di RS Indonesia

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan faskes rujukan akan ditambah di ibu kota provinsi yang telah siap baik dari sumber daya manusia hingga ketersediaan alat kesehatannya.

Kemenkes Bakal Tambah Faskes Rujukan Gagal Ginjal Akut di RS Indonesia
Ilustrasi pasien gagal ginjal akut.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bakal menambah fasilitas kesehatan (faskes) rujukan gangguan ginjal progresif atipikal atau gagal ginjal akut.

Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan faskes rujukan akan ditambah di ibu kota provinsi yang telah siap baik dari sumber daya manusia hingga ketersediaan alat kesehatannya.

"Kita di Indonesia itu kan ada 24 provinsi. Di awal kita sudah menetapkan ada 14 rumah sakit rujukan ginjal. Rujukan nasionalnya ada di RSCM dan dari 14 ini tentu saja kita akan menambah sesuai dengan ibu kota provinsi yang memang mempunyai kemampuan baik dokternya dan juga alat untuk hemodialisanya," ujar Syahril dalam konferensi pers secara daring, Selasa (25/10).

BACA JUGA : Dokter Spesialis Anak Ungkap Penyebab Gagal Ginjal Akut Masih Misterius

Kemenkes sebelumnya telah merilis daftar rumah sakit yang dapat menjadi rujukan bagi orang tua yang memiliki anak dengan gangguan gagal ginjal akut progresif atipikal.

Plt Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kemenkes Murti Utami mengatakan rumah sakit yang bisa melakukan tata laksana awal anak dengan gangguan ginjal akut harus memiliki sejumlah fasilitas, antara lain yakni ruangan intensif berupa High Care Unit (HCU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

"Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang tidak memiliki fasilitas dimaksud dan/atau sarana prasarana lain sesuai dengan kebutuhan medis pasien harus melakukan rujukan ke rumah sakit yang memiliki dokter spesialis ginjal anak dan fasilitas hemodialisis anak," jelas Murti.

Ia menghimbau anak yang memiliki gejala awal gangguan ginjal akut harus segera dibawa ke rumah sakit terdekat untuk diperiksa. Rumah sakit nantinya bakal melakukan pemeriksaan laboratorium ureum, kreatinin dan pemeriksaan penunjang lain, serta melakukan observasi.

BACA JUGA : Korban Gagal Ginjal Akut Kian Menggila

Apabila tidak dapat ditangani dalam 1x24 jam, fasilitas pelayanan kesehatan mesti melakukan rujukan ke rumah sakit rujukan dialisis anak.

Berikut daftar 14 rumah sakit rujukan dialisis anak untuk mendeteksi gangguan ginjal akut.

1. RSUP Dr Cipto MangunKusumo

2. RSUD Dr Soetomo

3. RSUP Dr Kariadi Semarang

4. RSUP Dr Sardjito

5. RSUP Prof Ngoerah

6. RSUP H Adam Malik

7. RSUD Saiful Anwar Malang

8. RSUP Hasan Sadikin

9. RSAB Harapan Kita

10. RSUD Dr Zainoel Abidin Banda Aceh

11. RSUP Dr M Djamil

12. RSUP Dr Wahidin Sudirohusodo Makasar

13. RSUP Dr Mohammad Hoesin Palembang

14. RSUP Prof Dr RD Kandou.(lal)