Zelensky Pastikan Rudal yang Mendarat di Polandia Bukan Milik Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa rudal yang jatuh ke Polandia dipastikan bukan milik Ukraina, menurut laporan Interfax Ukraina pada 16 November.

Zelensky Pastikan Rudal yang Mendarat di Polandia Bukan Milik Ukraina
rudal (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM-KYIV- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan bahwa rudal yang jatuh ke Polandia dipastikan bukan milik Ukraina, menurut laporan Interfax Ukraina pada 16 November.

BACA JUGA: Korut Tak Senang Pertemuan Biden dengan Jepang-Korsel di...

Zelensky mengatakan bahwa dia telah menerima laporan dari Angkatan Darat Ukraina dan Komando Angkatan Udara. Zelensky juga percaya bahwa Ukraina harus diizinkan pergi ke lokasi jatuhnya rudal untuk berpartisipasi dalam penyelidikan.

Melansir Tencent News, pada tanggal 15 November waktu setempat, sebuah ledakan misil terjadi di Polandia, menewaskan dua warga sipil. Lokasi ledakan terletak di wilayah Khrubieszow di perbatasan dengan Ukraina di Polandia timur, dan penyelidikan di lokasi saat ini sedang dilakukan.

Presiden Polandia Andrzej Duda mengatakan pada tanggal 16 November bahwa saat ini tidak ada bukti bahwa rudal tersebut diluncurkan oleh Rusia. Dia mengungkapkan bahwa senjata yang memicu ledakan tersebut mungkin adalah rudal S-300 yang dibuat pada tahun 1970-an, tetapi ada banyak indikasi bahwa senjata tersebut saat ini digunakan oleh pasukan pertahanan Ukraina.

BACA JUGA: Ronaldo Disebut Rusak Warisannya Sendiri, Messi Menertawakan?

Sekretaris Jenderal NATO Stoltenberg mengatakan pada hari yang sama bahwa NATO sedang menyelidiki hal ini dan belum mencapai kesimpulan akhir. Dia mengatakan bahwa tidak ada indikasi ledakan itu adalah serangan yang disengaja. Analisis awal percaya bahwa ledakan itu disebabkan oleh rudal pertahanan udara Ukraina. (mdr2/lna)