Wow! Pecahkan Rekor, Mola-mola Ini Miliki Berat 2,7 Ton

Bangkai ikan Mola-mola terbesar seberat 2.744 kilogram yang ditemukan di kawasan Azores, Portugal, memecahkan semua rekor sebelumnya.

Wow! Pecahkan Rekor, Mola-mola Ini Miliki Berat 2,7 Ton
Bangkai ikan Mola-mola seberat 2.744 ton yang ditemukan di Portugal. (atlanticnaturalist.org)

NUSADAILY.COM – AZORES – Dengan berat 2.744 kilogram, para peneliti kini telah memastikan bahwa itu adalah mola-mola terberat di dunia hingga saat ini.

BACA JUGA : Sebuah Kapal Angkatan Laut di Taiwan Tenggelam Akibat Banjir...

Ocean Sunfish atau mola-mola adalah salah satu ikan bertulang terbesar di dunia. Namun, bangkai mola-mola yang ditemukan di pulau Faial Azores, Portugal pada Desember 2021 itu melampaui semua data yang tercatat sebelumnya dan menjadi rekor baru.

“Tidak terlalu cantik, tapi besar!” itu adalah bagaimana ahli biologi evolusi, Alexander Kortschal menggambarkan bangkai mola-mola itu.

Hewan sepanjang 3,5 meter dan berat 2.744 kilogram itu menjadikannya ikan bertulang terberat yang pernah didokumentasikan. Pemegang rekor sebelumnya hanya seberat 2,3 ton.

BACA JUGA : Sejumlah Kawasan di Jombang Tergenang Air Akibat Hujan Deras 5 Jam

Pertumbuhan yang luar biasa

Larva mola-mola panjangnya hanya dua hingga tiga mimeter di awal kehidupannya. Pada saat mereka mencapai berat akhir, hewan tersebut telah bertambah 60 juta kali beratnya. Rasio proses pertumbuhan raksasa itu mungkin yang terbesar dari semua vartebrata.(jrm1/lal)