Wisata Indah di Timor Leste, Cocok Untuk Masuk List Travelling Kamu!

Traveler yang ingin ke luar negeri namun tak ingin jauh-jauh, bisa nih menjelajahi Timor Leste. Mulai dari alamnya, kuliner hingga wisata religi bisa kamu temukan di sini.

Wisata Indah di Timor Leste, Cocok Untuk Masuk List Travelling Kamu!
Pulau Jaco di Timor Leste (Timor Leste Tourism/Facebook)

NUSADAILY. COM – JAKARTA - Timor Leste sah menjadi anggota ASEAN dan diumumkan pada pertemuan KTT di Kamboja, Jumat (11/11). Negara yang bertetanggaan langsung dengan Indonesia ini punya alam yang cantik untuk dikunjungi.

Traveler yang ingin ke luar negeri namun tak ingin jauh-jauh, bisa nih menjelajahi Timor Leste. Mulai dari alamnya, kuliner hingga wisata religi bisa kamu temukan di sini.

detikcom telah merangkum nih, Sabtu (12/11/2022) tempat-tempat di Timor Leste yang bisa kamu kunjungi.

BACA JUGA : Nama-Nama Destinasi Wisata Indonesia yang Mengelitik Perut

1. Cristo Rei

Timor Leste memiliki patung Cristo Rei, patung Yesus setinggi27 meter. Patung ini menjadi Patung Yesus yang ketiga terbesar di dunia.

Untuk bisa ke kawasan patung, kamu harus mendaki sekitar 500-an anak tangga lho. Dari sini kamu bisa melihat indahnya laut lepas di Semenanjung Fatucama.

2. Pasar Tais

Tak afdal bila berkunjung ke suatu daerah baru tidak datang ke pasarnya. Bila ke Timor Leste, singgahlah ke Pasar Tais untuk membeli kain tenun khas sini.

Beragam tenun warna-warni bisa ditemukan di pasar ini untuk oleh-oleh.

3. Pemandian air panas Marobo

Melepas penat berjalan bisa nih berendam di pemandian air panas Marobo. Terdapat kolam-kolam yang bisa kamu pilih dengan air yang berbeda warna.

Airnya berwarna putih karena bercampur kapur, ada juga kolam berair hijau. Biasanya wisatawan pilih yang kolam berair hijau.

4. Taman Nasional Nino Konis Santana

Ingin melihat bentangan alam negara anggota ASEAN muda ini, datang saja ke Taman Nasional Nino Konis Santana. Di sini hidup 200 spesies hewan, burung-burung langka, rusa, monyet dan aneka tumbuhan yang tersebar di area seluas 1.236 Km.

Jangan lewatkan desa-desa yang berada di sekitar taman nasional yang masih sakral dengan budaya dan sejarahnya.

BACA JUGA : Ternyata! Ledakan Bom Atom di Jepang Kalah dengan 2 Ledakan yang Berasal dari Indonesia

5. Pulau Jaco

Kalau Indonesia punya Bali, makan Timor Leste punta Pulau Jaco. Pulau dengan pantai asri ini memiliki air yang jernih. Pantai di sana bernama Pantai Valu. Kamu bisa berenang, berjemur hingga menyelam di sini.

Pulau Jaco tidaklah terlalu luas, hanya 11 hektar saja dan masuk bagian dari Taman Nasional Nino Konis Santana. Jadi tidak ada kehidupan manusia karena memang bagian konservasi. Disarankan bila ingin ke sini menggunakan jasa trip.

6. Wisata ssejara

Sebagai bekas jajahan Portugis, kamu bisa menemukan banyak peninggalan Portugis di Timor Leste.

Salah satunya adalah penjara Ai Pelo. Biasanya turis datang ke sini saat sore karena bisa melihat sunset yang menyinari celah-celah bangunan lampau ini.

Kamu juga bisa ke Bukit Balibo dengan pemandangan yang memukau. Di sana terdapat benteng tua.

7. Gunung Ramelau

Gunung tertinggi di Timor Leste ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang suka mendaki. Gunung Ramelau menjulang setinggi 2.986 Mdpl. Jangan lewatkan sunrisenya ya!(roi)