Waspada! Ada 11 Ciri Akun WhatsApp Kena Hack

Hati-hati ya, ternyata akun WhatApp bisa kena hack lho. Ada baiknya, pengguna mengenali ciri-cirinya, agar bisa mengantisipasi atau segera membenahi.

Waspada! Ada 11 Ciri Akun WhatsApp Kena Hack
Ilustrasi WhatsApp (pixabay)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Hati-hati ya, ternyata akun WhatApp bisa kena hack lho. Ada baiknya, pengguna mengenali ciri-cirinya, agar bisa mengantisipasi atau segera membenahi.

Kebanyakan orang pasti sudah tahu betul, bahwa perkembangan digital memang membawa manfaat luar biasa. Namun kedatangannya, juga selaras dengan dampak buruk yang menyertai di dalamnya.

BACA JUGA: Duh! WhatsApp Down Total, Keluhan Banjiri Linimasa Twitter


Oleh sebab itu, perlu memiliki formula tepat, untuk mengatasi akun yang dihack. Hanya saja, sebelum masuk ke tahapan itu, perlu mengetahui dulu tanda-tandanya, di mana bisa menjadi pedoman ketika nanti pengguna ingin menghindari.

Dilansir dari detikINET, Selasa (25/10/2022) terungkap 11 ciri akun WhatsApp kena hack. Kira-kira apa saja daftarnya? Yuk simak pemaparan singkatnya di bawah ini.

11 Ciri Akun WhatsApp Kena Hack

1. WhatsApp Eror Disertai Lemot
Ciri akun WhatsApp kena hack yang pertama, yaitu aplikasi kerap mengalami eror disertai performa lambat. Apalagi bila detikers jarang menggunakan perangkat lunak chat online ini, bisa jadi tandanya sedang dihack.

Hal dasar yang paling mudah diketahui, yaitu WhatsApp sering keluar masuk sendiri. Ini cukup buruk, meskipun akun anda tidak mengirim pesan ke orang lain.

2. Baterai Cepat Lowbat
Seperti yang kita tahu, ada banyak faktor yang bisa melumat daya baterai HP. Beberapa di antara karena terlalu lama main game, menonton video Youtube, atau scroll TikTok.

Nah, penyebab lainnya juga datang dari aktivitas di WhatsApp, seperti sering mengirim pesan, melakukan panggilan telepon, atau video call. Jika pengguna merasa tidak menggunakan aplikasi ini secara berlebihan, tetapi baterai cepat habis, bisa saja akun anda disusupi orang lain.

3. Akun Nonaktif
Apakah detikers pernah mengalami keadaan, di mana akun WhatsApp tiba-tiba tidak aktif atau sudah tidak bisa dihubungi? Kemungkinan besarnya, akun telah dihack.

Biasanya, notifikasi tersebut akan muncul, saat segelintir orang tak bertanggung jawab mencoba memasuki sistem WhatsApp, dan berupaya mengambil alih akun anda. Kemudian mereka mengirim email ke pengembang, lalu mengaku telah diretas, sehingga WhatsApp bertindak menonaktifkan akun.

4. Notifikasi WhatsApp Tidak Seperti Biasa
Ciri akun Whatspp kena hack lainnya ialah mengamati kemunculan notifikasi di HP. Umumnya, saat pesan dan panggilan suara masuk, bakal ada pemberitahuan dari WhatsApp.

Nah, bila kenyataannya detikers jarang menggunakan aplikasi chat ini, akan tetapi notifikasi kerap kali muncul, bisa saja akun tengah diretas. jadi lebih waspada lagi ya.

5. Muncul Aplikasi Tak Dikenal
Bila detikers mendapati ada aplikasi tak dikenal dan merasa tidak pernah download, kemungkinan itu alat pembajak akun. Fungsinya sendiri, kemungkinan meretas akun WhatsApp, email, dan lain sebagainya yang berisi data pribadi.

Praktiknya, perangkat lunak asing tersebut, menyadap semua ketikan. Jika menemukan ciri akun WhatsApp kena hack seperti ini, langsung saja dihapus aplikasi tak dikenal itu.

6. Status Seakan Online
Kemudian, anda juga bisa mengenali ciri akun WhatsApp kena hack, saat tiba-tiba status menjadi online atau aktif. Padahal bila diteliti lagi, anda sedang tidak membuka aplikasi besutan meta ini.

Untuk mengetahui tanda ini, anda dapat memastikannya melalui akun lain. Kalau statusnya ternyata online dalam waktu cukup lama, padahal tidak sedang membuka atau menggunakannya, maka bisa saja telah dihack.

7. Mengirim Pesan Sendiri
Ciri akun WhatsApp kena hack juga terjadi ketika tanpa sepengetahuan anda, aplikasi telah mengirim pesan kepada orang lain. Padahal jelas-jelas, anda tidak sedang membuka WhatsApp apalagi mengirim chat.

Nah, itu bisa menjadi tanda bahwa akun telah diretas. Jadi detikers jangan lupa cek secara berkala.

8. Pesan dari Orang Tiba-tiba Terbaca
Selain tiba-tiba mengirim pesan sendiri, biasanya bila akun kena hack, maka kiriman pesan dari orang lain telah terbaca. Sementara detikers sendiri belum membuka chat tersebut.

9. Akun WhatsApp Login di Perangkat Asing
Selanjutnya, ciri akun WhatsApp kena hack, bila pengguna menerima notifikasi bahwa akun login ke perangkat tak dikenal. Apalagi bila diingat, ternyata anda hanya masuk di HP yang saat ini digunakan.

Selain HP, notifikasi juga kerap muncul, ketika ternyata akun login ke laptop atau PC asing. Apakah anda pernah mengalami hal ini?

10. WhatsApp Keluar Sendiri
Pasti detikers mengetahui betul, bahwa akun WhatsApp tidak dapat dibuka melalui dua perangkat berbeda. Bahkan di perangkat yang sama pun, pengguna juga tetap tidak bisa melakukan hal ini.

Jika anda mendapati kejadian tersebut, maka harus berhati-hati. Biasanya, pengguna asli akan mendapatkan notifikasi berupa 'Akun WhatsApp Anda Sedang didaftarkan di Perangkat baru'. Bila mengalaminya, sebaiknya detikers tidak memberikan izin.

BACA JUGA: Sejarah Awal Mula Berdirinya WhatsApp hingga Mendunia


11. OTP
Ciri akun WhatsApp kena hack yang terakhir, yakni anda mendapat OTP. Hal tersebut terjadi, ketika tiba-tiba akun keluar sendiri dan berupaya untuk masuk kembali, sehingga pastikan tidak memberi kode OTP kepada siapapun.

Kurang lebih begitu penjelasan singkat terkait 11 ciri akun WhatsApp kena hack. Jika dirasa pemaparan di atas ada yang kurang, bisa detikers tambahkan di kolom komentar dan semoga bermanfaat.(eky)