Warga Panik Berhamburan Usai Gempa Guncang Cianjur

Gempa susulan kali ini merupakan yang terbesar dengan kekuatan magnitudo (M) 4,4 pasca gempa pertama pada Senin (21/11/2022) lalu dengan kekuatan M 5,6.

Jan 24, 2023 - 17:07
Warga Panik Berhamburan Usai Gempa Guncang Cianjur
Ilustrasi gempa

NUSADAILY.COM – CIANJUR - Warga panik berhamburan keluar rumah usai gempa kembali mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dini hari. 

Gempa susulan kali ini merupakan yang terbesar dengan kekuatan magnitudo (M) 4,4 pasca gempa pertama pada Senin (21/11/2022) lalu dengan kekuatan M 5,6. Warga berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri.

BACA JUGA : Alor NTT Diguncang Gempa Berkekuatan M4,0

"Kebetulan tadi sedang di tengah rumah, belum tidur. Tiba-tiba gempa, bangunan rumah bergetar. Jadi saya langsung ke luar rumah," ungkap Panji Rahman (27) warga Kecamatan Karangtengah, Selasa (24/1/2023).

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa yang terjadi pada pukul 02.45 WIB tadi berpusat di 6,81 LS-107,04 BT atau 11 kilometer barat laut Kabupaten Cianjur. Pusat gempa itu berada di kedalaman 10 kilometer.

Dari data BMKG, sudah terjadi sekitar 482 gempa susulan sejak 21 November 2022 lalu, dengan kekuatan 1.0 hingga 4.3 magnitudo. Namun gempa susulan kali ini menjadi yang terbesar sejak 2 bulan terakhir, yakni hingga 4,4 magnitudo.

BACA JUGA : Tak Keramas 7 Hari, Ini yang Dilakukan Dory Harsa ke Nella Kharisma

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Fatah Rizal, mengatakan pihaknya sudah menerjunkan tim dari BPBD dan relawan kebencanaan untuk memeriksa setiap wilayah. Sebab guncangan yang besar itu dikhawatirkan menimbulkan dampak, baik kerusakan rumah ataupun korban.

"Kita masih tunggu laporan dari petugas di lapangan. Karena gempanya memang besar. Dikhawatirkan ada dampak besar juga terutama di sekitaran pusat gempa," kata dia, dilansir dari detik.com

Informasi yang dihimpun, gempa juga dirasakan di beberapa wilayah, seperti Sukabumi, Bogor, hingga Jakarta. (ros)