Warga di Gunungkidul Tewas Keracunan Usai Konsumsi Belalang Setan

Seorang warga Selorejo di Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, DI Yogyakarta, diduga tewas akibat mengonsumsi belalang bulus alias belalang setan (Aularches miliaris).

Warga di Gunungkidul Tewas Keracunan Usai Konsumsi Belalang Setan
Ilustrasi jenazah. Seorang warga Gunung Kidul tewas diduga keracunan usai mengonsumsi belalang.

NUSADAILY.COM - YOGYAKARTA - Seorang warga Selorejo di Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, DI Yogyakarta, diduga tewas akibat mengonsumsi belalang bulus alias belalang setan (Aularches miliaris).

Kapolsek Paliyan AKP Solechan mengatakan korban yakni Musri (53) diduga mengalami keracunan usai mengonsumsi belalang bulus bersama suaminya, pada Sabtu (3/12) lalu.

Solechan menerangkan korban dan suaminya sebelumnya pergi ke ladang di Desa Giring pada Sabtu pagi untuk menjaga tanaman jagungnya dari hama monyet.

"Pada saat di ladang korban melihat ada belalang dan menangkap beberapa ekor belalang untuk dimasak," kata Solechan dalam keterangannya, Senin (5/12).

BACA JUGA : Pacar Jersy Sutanto Sebut Sang Kekasih Tewas Keracunan...

Setelahnya, korban memasak belalang bulus hasil tangkapannya di sebuah gubuk. Ia dan suaminya lalu menyantapnya pada Sabtu siang.

"Saat itu korban makan tiga ekor sedangkan suami makan satu ekor," urai kapolsek.

Dua jam berselang, korban mengalami mual disertai muntah-muntah. Sekitar pukul 16.00 WIB ia lalu pulang ke rumah bersama suaminya. Solechan berujar, keduanya lantas dibawa ke RSUD Wonosari oleh keluarga kurang lebih pukul 20.00 WIB.

Keduanya menjalani perawatan serta menjalani pengambilan sampel darah untuk diperiksa di laboratorium. Korban dan suami diperbolehkan pulang dari rumah sakit Minggu (4/12) pukul 02.00 WIB dini hari.

BACA JUGA : 16 Pelajar MTs di Jaksel Alami Mual-Muntah, Diduga Keracunan...

Pada saat menjalani perawatan di rumah baik korban maupun suaminya malah seringkali mengalami muntah-muntah. Oleh keluarga, mereka diberikan air kelapa muda hijau serta minuman dua botol minuman isotonik. Kendati demikian, kondisi korban tak kunjung membaik.

"Pada hari Senin tanggal 5 Desember 2022 sekira pukul 03.05 WIB korban meninggal dunia," ujar Solechan.

Sejauh ini polisi menduga kematian korban disebabkan belalang bulus yang dikonsumsi bersama suami korban pada hari Sabtu.

"Imbauan untuk masyarakat harus selalu berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang belum tahu apakah makan itu berbahaya atau tidak. Kalau memang berbahaya untuk kesehatan sebaiknya jangan dimakan," pesan Solechan.(lal)