Wanita Ini Kena Nyinyir Netizen Gegara Curhat Diminta Patungan Bayar Makan Saat Kencan

Kisah kencan pertama memang beragam dan selalu menarik perhatian. Wanita ini, misalnya, kesal karena diminta patungan bayar makan oleh teman kencannya. Alih-alih dapat simpati dari netizen lain, dirinya malah dinyinyiri!

Wanita Ini Kena Nyinyir Netizen Gegara Curhat Diminta Patungan Bayar Makan Saat Kencan
Ilustrasi kencan pertama (shutterstock)

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Kisah kencan pertama memang beragam dan selalu menarik perhatian. Wanita ini, misalnya, kesal karena diminta patungan bayar makan oleh teman kencannya. Alih-alih dapat simpati dari netizen lain, dirinya malah dinyinyiri!

Banyak cerita menarik soal kencan pertama, termasuk soal siapa yang sepatutnya membayar tagihan makan? Setiap orang seperti punya pendapat dan preferensi.

BACA JUGA: Jadi Makanan Favorit Warga Minahasa, Ini Tips Mengolah Daging Ular Agar Tak Amis


Mengutip Says (13/10), netizen wanita di Malaysia ini termasuk orang yang tak setuju dengan prinsip patungan (split bill) tagihan makan saat kencan pertama. Ia curhat di Twitter @twtmalaywedding mengenai permasalahannya.

"Jika kita split bill saat kencan pertama, haruskah saya bertemu dengannya lagi? Saya mengerti untuk patungan pada kencan kedua dan selanjutnya, tetapi itu membuat saya kesal karena dia meminta saya patungan kencan pertama," ujarnya.

Netizen ini lantas menanyakan pada @twtmalaywedding dan netizen soal pendapat mereka. Hanya saja ia minta namanya disensor.


Menanggapi unggahan ini, admin @twtmalaywedding menulis pendapatnya. "Sejujurnya saya tidak terlalu peduli. Lagi pula kencan pertama terkadang tidak berarti apa-apa. Ini masih fase mencari tahu kepribadian seseorang, benar kan?"

Unggahan ini pun memancing banyak komentar netizen. Kebanyakan mereka tak simpati dan tak setuju dengan pendapat wanita yang keberatan diminta patungan saat kencan pertama itu.

"Kencan pertama baru mengenal satu sama lain. Jika ini bahkan menjadi masalah, kamu pasti akan bertengkar lagi di masa depan," kata seorang netizen.

"Itu normal jika dia minta untuk bayar makanan secara patungan, terutama dalam masa perekonomian sekarang," sahut netizen lain. Ia tak keberatan jika memang harus bayar makan sendiri saat kencan pertama.

Lalu banyak juga netizen yang menawarkan solusi untuk masalah ini. "Kamu harus mengikuti konsep umum: siapa pun yang meminta kencan pertama, harus menjadi orang yang membayar. Itu adil."

"Jika dia mengajakmu pada kencan pertama, dia harus membayar. Ketika kamu mengajaknya kencan kedua, kamu membayar untuk itu," tulis seorang pengguna Twitter.

Namun ada netizen yang berpendapat bahwa keputusan siapa yang membayar seharusnya berjalan alami dan sesuai kenyamanan saja di hari H kencan.

"Jika ingin patungan, tak ada yang salah dengan itu. Selain itu, kalian bisa bergiliran. Misal satu orang bayar makan, yang lain bayar tiket bioskop. Memberi dan menerima adalah hal yang terpenting," ujar netizen itu.

Tak sedikit juga wanita yang menimpali thread ini. Mereka mengatakan lebih baik jika wanita terlihat mandiri dan tak minta dibayarin teman kencannya. "Kecuali pria itu menawarkan untuk membayari, jangan mengharapkan apapun," kata netizen.

BACA JUGA: Tak Boleh Sembarangan, Ini Beberapa Makanan Manusia yang Bisa Dimakan Kucing


Mencoba untuk meluruskan semua pro dan kontra, seorang netizen mengatakan siapa yang bayar tagihan kencan pertama sebenarnya bukan masalah uang. Melainkan untuk menciptakan kesan baik pada pertemuan pertama.

Namun, dia melanjutkan bahwa masuk akal untuk minta patungan jika pria itu tidak punya uang pada tanggal itu dan memberi tahu dia sebelumnya. "Kami tidak kelaparan untuk mendapatkan seorang pria, kami hanya ingin melihat seperti apa sikapnya," ujarnya.(eky)