Wakil Gubernur Hadiri Peringatan Hari Lansia Nasional Tingkat Jawa Timur di Kota Pasuruan

Wakil Gubernur Hadiri Peringatan Hari Lansia Nasional Tingkat Jawa Timur di Kota Pasuruan

NUSADAILY.COM - PASURUAN -
Kota Pasuruan mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah peringatan Hari Lansia Nasional Tahun 2023 tingkat Provinsi Jawa Timur, di Gedung Gradika, Senin (29/5/23).

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak, didampingi Wali Kota Pasuruan , Saifullah Yusuf (Gus Ipul) serta Wawali Adi Wibowo, hadir dalam kegiatan yang bertujuan memberikan apresiasi atas semangat jiwa dan raga lansia dalam mengisi kemerdekaan dan peran pentingnya dalam pembangunan.

Hari Lansia Nasional yang diperingati setiap tahunnya pada 29 Mei kali ini mengambil tema Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat. Kota Pasuruan dipilih sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Lansia Nasional Provinsi Jawa Timur dengan mempertimbangkan keberhasilan Pemkot Pasuruan dalam menjadi kota ramah lansia.

Hal ini juga sebagai bentuk apresiasi keberhasilan karangwreda Sumber Asih Kota Pasuruan sebagai terbaik pertama karang wreda inspiratif tingkat Jawa Timur.

Wagub Jatim, Emil Elistianto Dardak menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Pasuruan atas upayanya mendampingi para lansia di Kota Pasuruan untuk terus berdaya.

“Pemilihan Kota Pasuruan sebagai tuan rumah pelaksanaan Hari Lansia Nasional tingkat Jawa Timur ini terkait dengan kepedulian Bapak Walikota (Gus Ipul) terhadap lansia. Kota Pasuruan memiliki Karang Wreda paling berprestasi di Jatim," ujar Emil.

Emil menyebut peran lansia dalam pembangunan tidak bisa dilupakan. Para lansia telah menjalankan peran kepemimpinan di era sebelumnya yang pada akhirnya diteruskan oleh para generasi muda.

“Lansia adalah yang mendidik kita semua dan para lansia sudah menjalankan kepemimpinan sehingga tugas kita adalah meneruskan tongkat estafet kepemimpinan tersebut. Kemudian pada akhirnya kita akan berada pada masa lansia juga," imbuhnya.

Emil juga berpesan, sebagai generasi muda yang menghargai para lansia sebagai suri tauladan, sudah menjadi tanggung jawab para generasi yang lebih muda untuk memberikan kualitas hidup terbaik bagi para lansia.

“Kita harus berupaya bagaimana kualitas hidup para lansia terus terjaga serta bagaimana para lansia ini selalu sehat pikiran dan raganya,” jelasnya.

Sementara Wali Kota Pasuruan, Gus Ipul, menyambut baik pelaksanaan Hari Lansia Nasional tingkat Jatim yang digelar di Kota Pasuruan dengan berdasar pada prestasi melayani lansia. Ini menjadi stimulus positif bagi dirinya serta seluruh jajaran Pemkot Pasuruan untuk terus melayani dan melindungi para lansia.

“Dalam rangka melayani para lansia, banyak yang harus dikerjakan. Di Kota Pasuruan, salah satu upayanya yaitu melalui Sekolah Lansia Tangguh atau Selantang yang telah meluluskan 160 sarjana hebat. Tahun ini kita upayakan lebih banyak lagi lansia yang mengikuti. Kita targetkan 260 orang,” kata Gus Ipul.

Menurutnya, kesejahteraan lansia juga menjadi indikator kesuksesan sebuah daerah dalam pembangunan. Program agar lansia tetap sehat dan produktif serta memberikan manfaat bagi orang lain di usia lanjut, menjadi hal yang perlu diperhatikan bagi pemerintah.

‘’Usia harapan hidup di Kota Pasuruan dan Jawa Timur semakin meningkat. Ini merupakan salah satu tanda pembangunan di Jawa Timur mengalami kemajuan mendekati indiator-indikator yang ditetapkan,” imbuhnya.

Peringatan Hari Lansia Nasional tahun 2023 tingkat Jatim di Kota Pasuruan sendiri berlangsung meriah. Para lansia di Kota Pasuruan dengan penuh semangat ikut menyemarakkan kegiatan ini dengan menapilkan berbagai pentas seni seperti paduan suara, wayang kulit, musik lesung, dan kesenian lain. Kegiatan ini juga disemarakkan dengan pemeriksaan kesehatan lansia dan bazar produk-produk karya lansia. (oni)