Waduh! Covid-19 Menyerang Lansia di Amerika Serikat

Jumlah kematian akibat Covid-19 condong ke orang tua atau lansia Hal tersebut menimbulkan keraguan tentang kerugian yang diterima di Amerika Serikat.

Waduh! Covid-19 Menyerang Lansia di Amerika Serikat
ilustrasi covid-19 menyerang lansia (sumber: istockphoto)

NUSADAILY.COM - WASHINGTON D.C. - Jumlah kematian akibat Covid-19 condong ke orang tua atau lansia Hal tersebut menimbulkan keraguan tentang kerugian yang diterima di Amerika Serikat.

Melansir Tencent News, meskipun Presiden Biden telah mengatakan bahwa pandemi Covid-19 di Amerika Serikat telah "berakhir", menurut John Felton, pejabat Departemen Kesehatan Kabupaten Yellowstone di Billings, Montana, pandemi belum berakhir.

BACA JUGA : Ternyata Jack Ma Sembunyi di Tokyo, Kunjungi Pemandian...

Pada bulan Oktober, tim Felton mencatat enam kematian akibat virus tersebut. Usia mereka yaitu satu berusia 60-an, satu berusia 70-an, dua berusia 80-an, dan dua berusia 90-an.

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, rata-rata lebih dari 300 orang masih meninggal akibat Covid-19 setiap hari. Kebanyakan di antaranya adalah orang lanjut usia di atas usia 65 tahun. 

Meskipun itu jauh di bawah 2.000 kematian per hari yang terlihat pada puncak strain Delta, itu masih dua hingga tiga kali lipat tingkat kematian akibat flu. Persentase kematian tersebut hampir 90%.

BACA JUGA : Viral Video Pengakuan LC ‘Polisi Sekamar Pemandu Lagu’, Polres Bogor: Bukan Aksi Mesum

Beberapa ahli epidemiologi dan demografi memperkirakan bahwa orang lanjut usia, mereka yang menderita penyakit lain, dan orang miskin akan berpotensi meninggal jauh lebih tinggi daripada proporsi populasi mereka.

Untuk meminimalkan korban jiwa lebih lanjut sebelum lonjakan kasus musim dingin yang dikhawatirkan, Gedung Putih mengumumkan akan meluncurkan kampanye enam minggu untuk mempromosikan vaksinasi bagi orang tua dan kelompok yang terkena dampak parah lainnya.(mdr2)