Usai Dilantik 2.033 Pantarlih Magetan Langsung Coklit, Segini Gajinya

Petugas Pantarlih yang bekerja selama satu bulan akan mendapatkan honor sebesar Rp 1 juta.

Jun 24, 2024 - 14:25
Usai Dilantik 2.033 Pantarlih Magetan Langsung Coklit, Segini Gajinya
Leni Prahastiwi (31), petugas Pantarlih saat lakukan coklit di Kelurahan Tambran, Kecamatan/Kabupaten Magetan. Nusadaily/ Riyanto.

Magetan, Nusadaily.com – Sebanyak 2.033 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Magetan, Jawa Timur, langsung terjun ke masyarakat untuk melakukan pendataan hari ini, Senin (24/06/2024), setelah dilantik. Salah satunya adalah Leni Prahastiwi (31), petugas Pantarlih asal Kelurahan Tambran, Kecamatan/Kabupaten Magetan.

Leni mengaku langsung mendata warga agar pekerjaannya cepat selesai. KPU setempat memberikan tugas dengan batas waktu satu bulan ke depan. "Iya, lebih cepat lebih baik. Selain itu, ini pertama kali saya menjadi petugas. Pada pilpres kemarin, saya di PPS," ujar Leni.

Leni berharap coklit data yang dilakukan dapat berjalan lancar, sesuai harapan, dan selesai tepat waktu.

Petugas Pantarlih yang bekerja selama satu bulan akan mendapatkan honor sebesar Rp 1 juta. "Mereka akan mendapatkan honor sebesar Rp 1 juta. Petugas akan dibekali tanda pengenal, surat tugas, seragam rompi, tas, dan stiker," terang Ervan Rivai, Sekretaris KPU Magetan.

Ervan menambahkan bahwa masa kerja Pantarlih adalah satu bulan sejak dilantik hari ini. Hasil coklit akan dilaporkan dan diinput oleh PPS dan PPK ke sistem Silon KPU.

Terkait gaji Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemungutan Suara Kecamatan (PPK) pada Pilkada serentak 2024, Ervan menjelaskan bahwa jumlahnya bervariasi.

"Untuk ketua PPS mendapatkan Rp 1,5 juta, anggota PPS Rp 1,3 juta. Untuk PPK, ketua Rp 2,5 juta, sedangkan anggota PPK Rp 2,2 juta. Mereka akan bekerja selama delapan bulan, berbeda dengan petugas coklit yang hanya satu bulan," jelasnya.

Ervan menambahkan bahwa petugas KPPS yang bekerja satu hari pada hari H pencoblosan 27 November 2024 akan menerima honor sebesar Rp 900 ribu untuk ketua, Rp 850 ribu untuk anggota, dan Rp 650 ribu untuk unsur Linmas. (nto).