Unik! Musisi Ini Ciptakan Musik dari Buah-buahan hingga Sayuran

Para musisi biasanya menciptakan musik dari gitar, piano, biola, dan lainnya. Musisi satu ini keren, karena bisa menciptakan musik dari semangka hingga selada.

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Para musisi biasanya menciptakan musik dari gitar, piano, biola, dan lainnya. Musisi satu ini keren, karena bisa menciptakan musik dari semangka hingga selada.

Biasanya musik diciptakan menggunakan alat. Seperti gitar, piano, biola, drum, bass, saxofon, dan lainnya. Para musisi biasanya memaikan alat musik itu untuk menghasilkan nada yang diinginkan.

BACA JUGA: Ini Daftar Lengkap Nominasi MTV Europe Music Awards 2022


Dilansir dari Food Beast (16/10), ada musik yang tercipta dari tumbuhan. Musik dari tumbuhan ini diciptakan oleh musisi bernama Tarun Nayar. Tarun sering mengabadikan momennya menciptakan musik dari tumbuhan di akun Instagram @tarunspoon.

Sudah ada ratusan musik tumbuhan diciptakan oleh Tarun. Ada yang berasal dari sayuran, buah, hingga jamur.


Untuk mengirimkan suara tumbuhan tersebut, Nayar menggunakan elektroda untuk mengukur energi bioelektrik mereka dan menghasilkan suara dengan synthesizer modular. Fluktuasi dalam keadaan bioelektriknya memicu perubahan nada, yang menciptakan nuansa.

Menurut The Guardian, Nayar menggambarkan proses tersebut sebagai 'mekanisme umpan balik lingkungan. Ini didasarkan pada resistensi galvanik, prinsip yang sama dengan detektor kebohongan sederhana yang bekerja'.

Sederhananya, perubahan resistensi menghasilkan berbagai suara synthesizer. Tarun menunjukkan bagaimana tumbuhan itu mengeluarkan suara.


Buah semangka dibelah menjadi dua, kemudian bagian dagingnya ditusuk ke alat pembuat suara. Setelahnya, musik dari semangka dapat terdengar.

Selain musik dari semangka, Tarun juga menciptakannya dari buah rambutan. Musiknya terdengar enak seperti lantunan piano.

BACA JUGA: Festival Musik di Uganda Batal Digelar Usai Dituding Promosikan LGBT


Tarun juga coba membuat musik dari buah manggis dan nanas. Musiknya juga terdengar enak dan ritmenya tak begitu kencang.

Sayuran juga ada yang dibuatkan musik oleh Tarun. Seperti daun selada yang nikmat dijadikan salad atau lalapan. Di tangan Tarun, sayuran hijau ini berubah menjadi musik yang menarik. Musiknya terdengar keras dan memberikan energi yang baik.(eky)