Ungkap Kembali Memori Kolektif Bangsa, Pemkot Pasuruan Gelar Pameran Foto Arsip Sejarah

Pameran foto arsip Sejarah Kota Pasuruan ini merupakan bagian dari program citra daerah yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengungkapkan kembali memori kolektif suatu daerah yang terekam dalam arsip.

NUSADAILY.COM - PASURUAN - Dalam rangka mendukung program citra daerah guna mengungkap kembalinya memori kolektif bangsa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan menggelar Pameran Foto Arsip Sejarah Kota Pasuruan dengan tema “Our History, Our Story”, Sabtu (12/11).

Bertempat di Taman Kota Pasuruan, pameran foto arsip Sejarah Kota Pasuruan ini merupakan bagian dari program citra daerah yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mengungkapkan kembali memori kolektif suatu daerah yang terekam dalam arsip. Pameran ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai budaya yang berkembang, memupuk kebanggan dan cinta terhadap tanar air serta menguatkan solidaritas guna memperkokoh persatuan bangsa.

Selain pameran arsip foto sejarah Kota Pasuruan, kegiatan kali ini dirangkaikan dengan adanya talk show sejarah dan pengumuman serta pemberian penghargaan pemenang lomba arsip foto untuk masyarakat Kota Pasuruan dan pemenang lomba kearsipan untuk perangkat daerah Kota Pasuruan yang telah diselenggarakan pada bulan oktober lalu.

BACA JUGA: Peringati Hari Pahlawan di Kota Pasuruan, Gus Ipul: Pahlawan Teladan Menata Masa Depan

Wali Kota Pasuruan, Drs. H. Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) menyampaikan pentingnya acara ini diselenggarakan yakni untuk merangkai sejarah masa lalu yang menjadi kekuatan Kota Pasuruan. Beberapa tempat bersejarah yang menjadi warisan Kota Pasuruan perlu untuk diperkenalkan, dijaga dan dikembangkan dengan harapan di masa yang akan datang  dapat menjadi destinasi wisata Kota Pasuruan.

“Beberapa situs dan peninggalan-peninggalan di beberapa tempat suasananya masih bisa kita rasakan sampai saat ini. Kita punya pelabuhan yang menjadi warisan Kota Pasuruan, kawasan P3GI, dan beberapa titik lain yang jika kita dikembangkan secara baik akan menjadi tempat wisata sejarah, tidak hanya untuk turis tetapi juga untuk anak-anak kita nanti,” ungkap Gus Ipul.

Rangkaian kegiatan ini juga diselenggarakan sebagai wujud mendukung terwujudnya Pasuruan Kota Madinah yang maju ekonominya, indah kotanya dan harmoni warganya. Menggerakkan kembali perekonomian Kota Pasuruan pasca pandemi Covid-19.

“Sesuai dengan slogan Pasuruan Kota Madinah yang menjadi visi misi Kota Pasuruan, kami sangat mengapreasiasi dan mendukung kegiatan ini, tentunya akan ada tindak lanjut untuk kegiatan-kegiatan selanjutnya dengan menyempurnakan kegiatan yang sudah dimulai. Adanya kegiatan ini merupakan bagian dan upaya kita untuk menggerakkan perekonomian kita pasca pandemic Covid-19,” imbuhnya.

BACA JUGA: Mas Adi Harapkan Inovasi Penyelenggara Pelayanan Publik...

Peserta acara ini selain berasal dari perangkat daerah Kota Pasuruan juga diikuti unsur sekolah dan masyarakat umum. Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pasuruan Titrit Satrija Nimpuna hal ini dimaksudkan agar seluruh warga Kota Pasuruan terutama generasi muda terlibat untuk mengenal sejarah Kota Pasuruan dan mendukung memori kolektif bangsa.

“Mengemban Undang-undang Kearsipan Nomer 3 Tahun 2006, bahwa salah satu tugas dari lembaga kearsipan daerah adalah memberikan pemahaman dan mensosialisasikan arsip citra daerah tentang Kota Pasuruan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung memori kolektif bangsa, terutama agar generasi muda mengetahui sejarah dari daerahnya sendiri yaitu sejarah Kota Pasuruan,” jelasnya. (oni/lna)