UE Bakal Berikan Bantuan Hingga 80 Juta Euro ke Alabania

Uni Eropa (UE) akan berikan hibah 80 juta euro atau sekitar 79,7 juta dolar AS pada Albania untuk mengatasi krisis energi, kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen

UE Bakal Berikan Bantuan Hingga 80 Juta Euro ke Alabania
Bendera UE sumber istockphoto

NUSADAILY.COM – TIRANA  – Uni Eropa (UE) akan berikan hibah 80 juta euro atau sekitar 79,7 juta dolar AS pada Albania untuk mengatasi krisis energi, kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Kamis (27/10).

 ilustrasi uang koin emas sumber istockphoto

Melansir Xinhua, menurut Von der Leyen, paket dukungan energi akan menjadi bagian dari paket dukungan 500 juta euro yang akan diberikan Uni Eropa kepada negara-negara Balkan Barat untuk membantu mengatasi krisis energi dan juga sebagai investasi dalam koneksi energi, efisiensi energi dan energi terbarukan.

Baca Juga: Kanselir Jerman Scholz Akan Kunjungi China Untuk Pertama...

Ketua Komisi Uni Eropa, selama konferensi pers bersama dengan Perdana Menteri Albania Edi Rama, menggarisbawahi bahwa paket akan segera mendukung keluarga Albania dan usaha kecil di masa sulit ini dan juga membantu negara untuk mengatasi dampak dari harga energi yang tinggi.

Sebelumnya pada Kamis (27/10), bersama Rama, Von der Leyen mendatangi lokasi kerja pembangunan jalur kereta api yang akan menghubungkan ibu kota Tirana dengan kota pelabuhan Durres dan Bandara Internasional Tirana, sebuah proyek yang dibiayai oleh Eropa yang diharapkan selesai pada tahun 2024 mendatang.

Baca Juga: Fasilitas Freeport LNG di Texas Meledak, Eropa Terancam Krisis Energi

Albania merupakan perhentian kedua bagi Von der Leyen dalam tur Balkan Baratnya setelah kunjungannya ke Makedonia Utara pada Rabu (26/10). Dia juga dijadwalkan melakukan perjalanan ke Bosnia dan Herzegovina, Serbia dan Montenegro. (mdr1/lna)