TV Analog di Surabaya dan Sekitarnya Dimatikan 20 Desember

"Distribusi set top box (STB) utk keluarga miskin di Jatim1 sdh mencapai 100% sebelum tanggal 20 Des 2022," jelasnya

Dec 9, 2022 - 19:24
TV Analog di Surabaya dan Sekitarnya Dimatikan 20 Desember
di Surabaya TV Analog Dimatikan 20 Desember

NUSADAILY.COM – JAKARTA - Suntik mati TV analog atau Analog Switch Off (ASO) tahap berikutnya akan digelar di Surabaya dan sekitarnya yang masuk wilayah Jawa Timur-1 pada Selasa (20/12) pukul 24.00.
"Lembaga penyiaran bersepakat melaksanakan penghentian siaran analog ke siaran tv digital pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 24.00 untuk wilayah Jawa Timur-1," ujar Usman Kansong, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dalam keterangannya, Kamis (8/12).

BACA JUGA : LBH Jakarta Justice Komitmen Berikan Pelayanan Hukum Masyarakat...

Sebagai informasi, wilayah siaran Jatim-1 meliputi 10 kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangkalan, Kota Pasuruan, Kota Mojokerto, dan Kota Surabaya.

TV Analog di Bandung Hingga Solo Sudah Dimatikan, Berikutnya Jatim
Usman menambahkan distribusi set top box (STB) di wilayah ini sudah mencapai 100 persen sebelum tanggal tersebut.

"Distribusi set top box (STB) utk keluarga miskin di Jatim1 sdh mencapai 100% sebelum tanggal 20 Des 2022," jelasnya

Kesepakatan untuk melaksanakan ASO ini disambut baik oleh Kominfo. Kominfo juga menyambut baik komitmen penyedia STB dan TV digital terkait ketersediaan perangkat penunjang ini.

"Kominfo menyambut baik kesepakatan lembaga penyiaran menghentikan siaran analog (ASO) pada tgl 20 Des 2022 pukul 24.00," tutur Usman.

Viral STB Meledak Tewaskan 3 Orang di Tangerang Disebut Hoaks
"Kementerian Kominfo juga menyambut baik komitmen Gabungan Pengusaha Elektronika (Gabel) yang merupakan asosiasi vendor STB dan tv digital menjamin ketersediaan STB di pasaran dengan harga terjangkau," lanjutnya.

BACA JUGA : Walkot Respons soal Parkir Liar di GI: Pengelola Ajukan...

Atas rencana ini, Kominfo mengimbau masyarakat untuk segera melengkapi kebutuhan untuk dapat menikmati siaran TV digital, salah satunya STB jika TV di rumahnya belum menunjang teknologi DVB-T2.

"Kominfo mendorong masyarakat di Jatim-1 yang TV-nya masih analog untuk melengkapi dengan STB dari sekarang agar pada saat ASO 2 Desember 2022 sudah siap menikmati siaran TV digital yg bersih gambarnya, jernih suaranya dan canggih teknologinya," katanya.

Sebelum ini, tahapan ASO pasca-tenggat 2 November sudah digelar di beberapa kota, termasuk Bandung, Yogya, Solo, hingga Batam.(ris)