Turkey-Kuba Tanda Tangani Persetujuan Peningkatan Kerjasama

Presiden Turki Tayyip Erdogan menyampaikan bahwa Turki ingin meningkatkan kerja sama dengan Kuba, dan kedua negara menandatangani enam perjanjian di bidang media dan komunikasi, budaya, dan diplomasi

Turkey-Kuba Tanda Tangani Persetujuan Peningkatan Kerjasama
Bendera Turkey dan Kuba sumber istockphoto

NUSADAILY.COM – ANKARA – Presiden Turki Tayyip Erdogan menyampaikan bahwa Turki ingin meningkatkan kerja sama dengan Kuba, dan kedua negara menandatangani enam perjanjian di bidang media dan komunikasi, budaya, dan diplomasi, pada Rabu (23/11).

 Presiden Turki Tayyip Erdogan Sumber Pikiranrakyat

Melansir Xinhua  pada konferensi pers bersama di Ankara, Erdogan menyatakan bahwa kunjungan bersejarah Miguel Diaz-Canel Presiden Kuba akan menjadi patok baru dalam hubungan Türkiye dan Kuba.

BACA JUGA : Duta Besar China untuk Korea Selatan Kenalkan Pentingnya...

"Saya mementingkan peningkatan kerja sama dan solidaritas kita, khususnya dengan Kuba, salah satu mitra utama kita di kawasan ini," tambahnya.

Kedua pemimpin tersebut membicarakan tentang mengembangkan kerja sama di bidang-bidang seperti energi, pariwisata, konstruksi, pertanian, pembangunan, kesehatan, dan lingkungan.

BACA JUGA : Kedutaan Besar China di Polandia Adakan Sesi Pelatihan...

“Embargo AS terhadap Kuba menghambat perkembangan perdagangan Türkiye dengan Kuba, tetapi kedua belah pihak ingin meningkatkan volume perdagangan bilateral menjadi 200 juta dolar AS, kata Erdogan.

Sementara itu, Diaz-Canel mengatakan bahwa mereka mengamati tekad bersama untuk mengembangkan hubungan politik antara kedua negara dan setuju untuk memperkuat pertukaran dengan memanfaatkan peluang yang tersedia.(mdr1/lal)