Tujuh Negara G20 Upayakan Jalin Distribusi Pusat Penelitian dan Manufaktur Farmasi ke Negara Belahan Bumi Selatan

Tujuh negara dari Kelompok 20 (G20) berupaya menjalin kerja sama dalam mendistribusikan pusat penelitian dan produsen farmasi ke negara-negara miskin di belahan bumi selatan, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Indonesia Siti Nadia Tarmizi

NUSADAILY.COM – JAKARTA –Tujuh negara dari Kelompok 20 (G20) berupaya menjalin kerja sama dalam mendistribusikan pusat penelitian dan produsen farmasi ke negara-negara miskin di belahan bumi selatan, kata juru bicara Kementerian Kesehatan Indonesia Siti Nadia Tarmizi, Jum’at (22/10).

bendera negara anggota G20 sumber istockphoto

Melansir Xinhua, Argentina, Brasil, India, Indonesia, Arab Saudi, Turki, dan Afrika Selatan telah sepakat untuk membawa rencana tersebut ke Pertemuan Menteri Kesehatan ke-2 yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia pada 27-28 Oktober tahun ini, kata Tarmizi. Mereka meminta anggota G20 lainnya untuk berpartisipasi dalam kolaborasi tersebut.

“Distribusi tersebut akan membuka akses yang lebih luas untuk vaksin, obat-obatan, dan alat diagnostik ke negara-negara di belahan bumi selatan, terutama negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah

Baca Juga: AQUA Japan Hadirkan Chest Freezer untuk Mendukung Pengusaha Es Krim

Mereka layak untuk berpartisipasi dalam memperkuat ketahanan kesehatan di tingkat global,” kata Tarmizi kepada media virtual. konferensi pers.

Baca Juga: Pakar Ekonomi: China Memainkan Peran Positif dalam Ekonomi...

Ia juga mengatakan bahwa selama ini persebaran pusat penelitian farmasi masih terpusat di negara-negara di belahan bumi utara. (mdr1)