Wisata Kano di Rawa Banyuwangi, Wahana Edukasi Peduli Lingkungan

  • Whatsapp
banner 468x60

NUSADAILY.COM – BANYUWANGI – Sebuah rawa kumuh di kawasan Pantai Cacalan Banyuwangi disulap menjadi spot wisata yang indah. Wisatawan yang datang berkunjung dapat menikmati serunya ber-kano diantara pepohonan mangrove yang rindang.

Ide wisata kano di rawa hutan mangrove ini, bermula dari keprihatinan kelompok sadar wisata (pokdarwis) Pantai Cacalan atas banyaknya sampah yang menumpuk di bekas lokasi tambak tersebut. 

"
"

Baca Juga

"
"

“Dulunya disini ada tambak. Karena terbengkalai, banyak sampah menumpuk dan tersangkut di pohon bakau yang tumbuh subur di rawa,” kata anggota Pokdarwis pengelola Pantai Cacalan, Arif.

Akibatnya, rawa tersebut menjadi sarang dan tempat kembang biak nyamuk. Dari situlah akhirnya ada inisiatif untuk membersihkan tumpukan sampah di rawa yang berbatasan langsung dengan selat Bali ini. 

Setelah dibersihkan, ternyata rawa itu berubah menjadi sebuah rawa yang indah. Air yang semula keruh juga menjadi jernih. Untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk, kata Arif, pihaknya juga menebar berbagai jenis ikan. Suasana asri juga semakin terasa dengan pepohonan mangrove yang rimbun. 

Untuk menjaga rawa tersebut agar tetap bersih dan indah, akhirnya muncul ide untuk membuat wahana wisata kano. Antusias masyarakat pun cukup baik, dan tidak sedikit wisatawan yang datang beekunjung menghabiskan waktu liburannya.

Menurut Arif, bermain kano di tempat ini ibarat menyusuri hutan Amazon, mengingat hutan mangrove terawat dan terjaga dengan baik. Rawa ini juga relatif aman karena kedalamannya kurang lebih hanya 50 cm.

Post Terkait

banner 468x60